Iklan

Nasional

Babinsa Koramil 1616-01/Gianyar Ikut Serta Dalam Kegiatan Pola Penanaman Padi Organik

PasJatim
Selasa, 19 Juli 2022, Juli 19, 2022 WIB Last Updated 2024-05-24T22:04:48Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Gianyar - Bertempat di Subak Parna Jaya Banjar Duur Kaja Lebih Desa Lebih Gianyar, Babinsa Koramil 1616-01/Gianyar Ikut Serta Dalam Kegiatan Pola Penanaman Padi Organik. Selasa (19/7/2022).


Kegiatan Pola Penanaman Padi Organik Jajar Logowo, Volume tanam 40 Are, dengan jenis Binih C. Gelis  (Program Desa Lebih) yang dilaksanakan oleh Desa Lebih.


Kades Desa Lebih, I Wayan Agus Muliana. S.AP., menyampaikan penanaman padi dengan system jajar legowo, ternyata dapat meningkatkan produktifitas padi. Cara tanam padi jajar legowo merupakan salah satu teknik penanaman padi yang dapat menghasilkan produksi yang cukup tinggi, serta memberikan kemudahan dalam aplikasi pupuk dan pengendalian organisme pengganggu tanaman. 


Sistem tanam jajar legowo juga merupakan suatu upaya memanipulasi lokasi pertanaman sehingga pertanaman akan memiliki jumlah tanaman pinggir yang lebih banyak, dengan adanya barisan kosong. Selain itu sistem tanam jajar legowo juga meningkatkan jumlah populasi tanaman dengan pengaturan jarak tanam.


Tujuan dari cara tanam jajar legowo adalah memanfaatkan radiasi surya bagi tanaman pinggir, tanaman relatif aman dari serangan tikus karena lahan lebih terbuka, menekan serangan penyakit karena rendahnya kelembaban dibandingkan dengan cara tanam biasa, populasi tanaman bertambah, pemupukan lebih efisien, pengendalian hama penyakit dan gulma lebih mudah dilakukan dari pada cara tanam biasa. Pungkasnya.


Pada kesempatan itu Babinsa Koramil 1616-01/Gianyar, Desa Lebih, Sertu Wayan Suama menyampaikan agar kegiatan ini tetap mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid 19.


Hadir dalam kegiatan tersebut Kades Desa Lebih, I Wayan Agus Muliana. S.AP., PPL kecamatan Gianyar, Ketua BPD. I Wayan Wijaya.ST., Ketua LPM, I Nyoman Murtiyasa.S.Pd. M.Pd., Babinsa Desa Lebih, Sertu I Wayan Suama, Babinkamtibmas Desa Lebih, Aipda I Gusti Ngurah Raka, I Made Suratnaya (Pemilik Sawah), Staf Desa Lebih, Kadus Kesian I Made Suratyana, Kadus Lebih Duur Kaja  I Nyoman Mimbar dan Kadus Lebih Beten Delod, I Wayan Wirta Saputra . S.Pd. ***

Komentar

Tampilkan

Terkini