Jayapura - Peduli Pencegahan Narkoba, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si hadiri giat Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional bertempat di Halaman Kantor Distrik Muara Tami, Selasa (12/7) pagi.


Giat tersebut dalam rangka pencanangan Kampung Bersinar Bebas dari Narkoba yang diselenggarakan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Papua (BNNP) dengan Tema "Kerja Cepat Kerja Hebat Memberantas Narkoba"  yang di Pimpin langsung Kepala BNNP Papua Brigjen Pol. Tjatur Abrianto, S.I.K.


Turut hadir dalam giat tersebut yakni Kapoksahli Kodam XVII/Cendrawasih  Brigjen TNI Mudya Widiayanto, S.A.P, Dir Narkoba Polda Papua Kombes Pol. Alfian, S.IK., M.Si, Dansatgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/RKS Letkol Inf. Mutakbir, Asisten I Setda Kota Jayapura Evert N. Meraudje, S.Sos, Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Jayapura Antonius Simbolon, S.H., M.H, Kepala Kesbang Pol Provinsi Papua Musa Isir, S.Sos., M.Ph, Kepala Perbatasan Kota Jayapura Matias Pawara, Para Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.


Dalam sambutannya, Kepala BNNP Papua mengatakan yang intinya, Peringatan hari anti narkoba internasional bertujuan untuk mencegah dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang Trend-nya semakin meningkat dan Mengkhawatirkan.


"Dalam Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) BNN menerapkan program pendekatan strategi yaitu Soft Power Approach, merupakan aktifitas pencegahan untuk meningkatkan daya tangkal masyarakat khususnya generasi muda terhadap bahaya Narkoba," ujarnya.


Selain itu tambahnya, Hard Power Approach, dilakukan melalui penegakkan hukum yang tegas dan terukur dalam menangani sindikat jaringan Narkotika. Smart Power Approach, merupakan pemanfaatan Tekhnologi Informasi di era Digital secara Maksimal dalam upaya penanggulangan permasalahan Narkotika dan yang terakhir yaitu Cooperation Approach, merupakan Kerjasama,kordinasi dan kolaborasi dengan pemerintah,swasta dan seluruh komponen masyarakat.


Giat kemudian dilanjutkan dengan Pencanangan Kampung Skouw Sebagai Kampung Bersinar di tandai dengan pelepasan balon udara dan Penandatanganan Komitmen Bersama "War On Drugs" oleh Para Pejabat yang hadir.(*)


Penulis : Subhan