Gianyar -  Bertempat di Makodim 1616/Gianyar, Jl. Ngurah Rai No.8A Gianyar, Dandim 1616/Gianyar menerima kedatangan Tim Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat. Selasa (12/7/2022).


Kedatangan Tim Pusat Teritorial TNI Angkatan Darat disambut oleh Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Hendra Cipta, S.Sos., Para Danramil dan Perwira Staf jajaran Kodim 1616/Gianyar.


Dalam sambutan Dandim 1616/Gianyar, Letkol Inf. Hendra Cipta, S.Sos., mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada ketua tim beserta anggota, sudah hadir di Makodim 1616/Gianyar dalam rangka kegiatan pengumpulan dan penyajian data ter guna mendukung OMP dan OMSP TA. 2022 di Makodim 1616/Gianyar. 


Dalam membantu pemerintah mewujudkan upaya peningkatan kesejahteraan rakyat di seluruh daerah maka perlu didukung dengan data teritorial yang memadai sesuai dengan kondisi satuan dan perkembangan wilayah serta kondisi sosial wilayah masing-masing agar penyelenggaraan pembinaan teritorial dapat terarah, terpadu, Sinergi dengan instansi/komponen bangsa lainnya dan tepat sasaran. 


Pentingnya ketersediaan data teritorial tersebut, maka diperlukan kegiatan pengumpulan data teritorial guna mendukung OMP dan OMSP, guna memperbaharui data teritorial yang sudah ada yang disesuaikan dengan kondisi satuan dan dinamika kondisi wilayah binaan satuan Komando Kewilayahan sehingga diperoleh data yang valid, akurat dan dapat dipertanggungjawabkan dalam rangka merumuskan kebijakan dan program di bidang teritorial. Pungkasnya.


Brigjen TNI Agus Prastyo Ari Prabowo sebagai ketua tim, menyampaikan puji syukur kehadirat TYME, karena atas limpahan rahmat dan karunianya kita masih di berikan kesehatan dan kekuatan sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam melaksanakan kegiatan pengumpulan dan penyajian data Ter guna mendukung OMP dan OMSP di Kodim 1616/Gianyar.


Adapun maksud dan tujuan kedatangan di Makodim 1616/Gianyar dalam rangka  menyiapkan, menyelenggarakan, memberdayakan dan memelihara ruang, alat dan kondisi juang yg tangguh dlm rangka pembedayaan wilayah pertahanan negara di darat yg di selenggarakan oleh satuan Komando Kewilayahan termasuk Kodim beserta jajaranya,sesuai dgn UU RI NO.3/2002 tentang Hanneg Pasal 7 ayat 1.


Bahwa pertahanan Negara dipersiapkan secara dini dengan sistem pertahanan Negara dan diperkuat tentang strategi pertahanan Negara yg menyatakan bahwa Kemanunggalan TNI dan Rakyat merupakan modal penting dalam upaya pertahanan negara yg bersifat semesta.


Adapun pokok - pokok kebijakan Kasad di Bidang Teritorial, antara lain Mempertajam dan meningkatkan nilai sistem Perencanaan dan Pembinaan Teritorial di wilayah, mengoptimalkan program kemampuan Apkowil dan Apnon Kowil, meningkatkan ketahanan Wilayah melalui koordinasi dan sinergi pembinaan tata ruang wilayah pertahanan darat dlm pembinaan potensi Geografi, Demografi dan penguatan Ipoleksosbudhankam, menyinergikan kegiatan Komsos kreatif dgn instansi terkait guna meningkatkan perekonomian UMKM di wilayah masing  masing, menyelenggarakan pembinaan lingkungan hidup guna meningkatkan ketahanan bencana sebagai bagian Bakti TNI, membina sumber daya Nasional melalui Program Wanwil yaitu Bin Ops Wanwil, Bin Wanra, Bin Log Wil untuk memantapkan semangat juang dan jiwa Nasionalisme.  ***