Iklan

Nasional

Polsek Blahbatuh Terjunkan Kring Polri Kolaborasi Sipandu Beradat, Amankan Puncak Upacara Ngaben Massal

Admin
Jumat, 19 Agustus 2022, Agustus 19, 2022 WIB Last Updated 2022-08-19T07:37:28Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini



Gianyar BLAHBATUH-Rangkaian upacara Pitra Yadnya Ngaben Massal di Kecamatan Blahbatuh hari ini Jumat/19 Agustus 2022 digelar serentak di beberapa desa.Sebagai upaya mengamankan jalannya kegiatan, Polsek Blahbatuh menerjunkan personel Kring Polri di Desa.


Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan langkah-langkah antisipatif dalam mengamankan kegiatan."Personel Kring Polri yang telah tersprin sejak awal mengawal rangkaian upacara Ngaben Massal, termasuk hari ini puncak upacara di Desa Belega dan Pering, ujarnya.


Sebagai upaya memaksimalkan pengamanan pihaknya melakukan kolaborasi dengan Pecalang Adat setempat melalui Forum Sipandu Beradat."Sinergitas pengamanan bersama Pecalang kami lakukan untuk memaksimalkan pengamanan, kolaborasi pengamanan melalui Forum Sipandu Beradat, tandas Kapolsek.


Dibentuknya Bantuan Keamanan Daerah - Bankamda, dan Forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat - Sipanduberadat, sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 4 Tahun 2020 tentang Keamanan Swakarsa, serta implementasi dari Pergub Bali Nomor 26 tahun 2020


Keberadaan dua lembaga di daerah ini diharapkan bisa mendukung keamanan nasional serta menyelesaikan konflik adat yang masih sering terjadi di daerah.


Bankamda dan Sipanduberadat juga diharapkan bisa mendukung program pemerintah dalam penanggulangan Covid 19, melalui pendekatan secara adat. Langkah ini juga diharapkan bisa diikuti oleh daerah lain terutama yang sering berhadapan dengan konflik adat.

Komentar

Tampilkan

Terkini