Kodim 1616/Gianyar Beri Materi Wawasan Nusantara Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan di Rutan Kelas IIB Gianyar



Gianyar - Bertempat di Halaman Tengah  Rumah Tahanan ( Rutan ) Kelas II B, Jln Ngurah Rai Gianyar, Kabupaten Gianyar,  Kodim 1616/Gianyar memberikan materi Wawasan Kebangsaan Bagi Warga Binaan Pemasyarakatan Rutan Kelas II B Gianyar. Rabu (21/9/2022).


Kegiatan Wawasan Kebangsaan  yang dilaksanakan di Rumah Tahanan ( Rutan ) Kelas II B dengan tema melalui pembinaan  Wawasan Kebangsaan, siap membina dan membentuk masyarakat yang berkarakter dan berwawasan Kebangsaan guna menumbuhkan rasa cinta tanah air dan mempererat Kebhenika Tunggal Ikaan dalam menjaga keutuhan Negara Republik.


Diawali dengan Pembukaan oleh Karutan Kelas II B Kabupaten Gianyar, Muhammad Bahrun, Amd., IP., SH., MH., mengucapkan terimakasih kepada Kodim 1616/Gianyar yang sudah memberikan waktu dan kesempatan dalam memberikan pemahaman tentang Wawasan kebangsaan bagi warga Binaan kami, Khususnya di Rutan Kelas II B Gianyar untuk itu mari kita sama-sama mendengar dan mencermati, ujarnya.


Pasi Intel Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf. I Ketut Suprapta, sebagai pembawa materi menyampaikan bahwa Wawasan Kebangsaan dapat memberikan jaminan atas tercapainya kepentingan nasional baik ke dalam maupun keluar. Hal ini berarti bahwa Wawasan Kebangsaan memberikan gambaran dan arah yang jelas bagi kelangsungan hidup bangsa, sekaligus perkembangan kehidupan bangsa dan Negara di masa depan, Era reformasi dan demokrasi, memang harus tetap berjalan. Namun, penataan kehidupan Kebangsaan (berbangsa dan bernegara), harus berjalan di atas rel kesepakatan bersama, yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. 


Pancasila sebagai landasan idiil, menjadi dasar bagi memantapkan pemahaman konsepsi Wawasan Kebangsaan; Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 sebagai landasan konstitusional yang merupakan sumber hukum tertinggi dari hukum yang berlaku di Indonesia.


"Semangat kebangsaan merupakan suatu jiwa yang membara dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Semangat Kebangsaan juga bisa disebut nasionalisme dan nasionalisme itu sendiri merupakan rasa cinta terhadap tanah air," pungkasnya.


Hadir dalam kegiatan tersebut Karutan Kelas IIB Kab. Gianyar, Muhammad Bahrun, Amd., IP., SH., MH., Dandim 1616/Gianyar diwakili Pasi Intel Kodim 1616/Gianyar, Kapten Inf I Ketut Suprapta, Kasupsi Pengololaan Rutan Kelas II B Gianyar, Ngakan Made Wisata, Kasupsi pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Gianyar, Anak Agung Putra Aribawa dan warga binaan dan tahanan 150 orang. (*)

Posting Komentar

0 Komentar