Bali - Dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1444 H, Kepolisian Daerah Bali menggelar Operasi Kepolisian dengan sandi “Operasi Ketupat Agung 2023”. Operasi ini ditandai dengan digelarnya apel pengecekan pasukan di Lapangan Niti Mandala Renon, Denpasar, Senin (17/4/2023).


Polda Bali menggelar Ops Ketupat Agung 2023 ini menerjunkan 1874 personil gabungan, guna mengantisipasi gangguan Kamtibmas dan gangguan Kamseltibcarlantas arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini.


Bertindak selaku pimpinan apel, Kapolda Bali, Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., didampingi Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster, M.M.  menyampaikan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. bahwa Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk mengoptimalkan pengamanan melalui Operasi Terpusat dengan sandi “Ketupat 2023” selama 14 hari.


“Operasi Ketupat 2023 melibatkan 148.261 personel gabungan yang terdiri dari TNI-Polri, Kementerian terkait, BNPB, BMKG, Basarnas, Pertamina, Jasa Raharja, Jasa Marga, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pramuka dan Mitra Kamtibmas lainnya,” ujar Kapolda Bali.


Adapun penekanan untuk dipedomi dan dilaksanakan yaitu dengan melaksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan tanamkan dalam diri bahwa melakukan pengamanan dalam operasi ketupat 2023 adalah sebuah kehormatan sekaligus ladang amal ibadah bagi kita semua.


“Kedepankan langkah langkah humanis, terapkan buddy system dan pedomi SOP agar dapat memberikan pelayanan terbaik dengan presisi. Pastikan ketersedian pribadi sarpras dan berbagai fasilitas penunjang lainnya pada setiap pospam posyan maupun pos terpadu,” kata Kapolda Bali.


Selanjutnya Kapolda Bali mengingatkan untuk perkuat sinergitas dan soliditas antara petugas pengamanan maupun steakholder terkait, karena hal itu merupakan kunci keberhasilan Operasi Ketupat 2023.


“Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh personel serta seluruh Steakholder yang terkait pada pelaksanaan Operasi Ketupat 2023,” tutupnya.  ***