Siap Amankan Pemilu Tahun 2024, Kompi Dalmas Polres Klungkung Tampil Di Depan Juri



Klungkung - Bertempat di Gor Suecapura Desa Gelgel Kec./Kab Klungkung, Polres Klungkung ikuti Penilaian Lomba Dalmas Dalam Rangka menyambut Hari Bhayangkara ke-77 yang di selenggarakan oleh Direktorat Samapta Polda Bali. Selasa, 20/6/2023


Kegiatan Lomba Dalmas ini di Simulasikan Tentang Kegiatan Pemilu Serentak Tahun 2024 Untuk Kesiapan Personel Samapta Polres Klungkung dalam mengamankan kegiatan Pesta Demokrasi.


Dihadiri oleh Tim Penilai dari Ditsamapta Polda Bali yang dipimpin oleh Wadir Samapta Polda Bali AKBP Yudith Satriya Hananta, S.I.K., didampingi oleh Kabag Binopsnal AKBP Ketut Suradnya,S.S.,M.Si., Kasubdit Dalmas AKBP Ida Bagus Dedy Januartha, S.H.,M.H., dan Bersama rombongan.


serta dihadiri Oleh Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta,S.I.K.,S.H.,M.K.P.,didampingi Wakapolres Klungkung Kompol Dewa Ketut Darma Aryawan,S.T.,M.M., Para Pejabat Utama, Kapolsek Jajaran Polres Klungkung.


Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta,S.I.K.,S.H.,M.K.P., menyampaikan ucapan selamat datang kepada Tim Penilai dari Dit Samapta Polda Bali. Semoga dengan kedatangan tim dapat meningkatkan semangat dan kedisiplinan anggota Kompi Dalmas yang ada di Polres Klungkung.


Kasat Samapta Polres Klungkung Iptu I Gusti Made Mahendra,S.Sos memimpin Dalmas Awal untuk melakukan peragaan yel yel di Depan Para Tim Juri, “selanjutnya dilakukan simulasi berawal dari Personel Polres Klungkung mengamankan kegiatan pemungutan suara di TPS, kemudian karena adanya selisih suara di TPS masyarakat yang melakukan pemilihan lalu melakukan protes atau unjuk rasa kepada para petugas di TPS dan akhirnya menjadi kerusuhan. 


Dengan kesiapsiagaan Personel Dalmas Polres Klungkung mendengar adanya kerusuhan tersebut dan berangkat menuju TKP untuk menghalau masyarakt agar tidak terjadinya anarkis. kemudian personel Dalmas melakukan serangkaian upaya-upaya pengendalian massa mulai dari tahap dalmas awal dengan tangan berkait, negosiasi, dalmas tali, setelah eskalasi meningkat kemudian dilanjutkan dengan dalmas lanjut yang menggunakan tameng dan kendaraan pengurai massa dengan menggunakan gas air mata, penangkapan provokator hingga massa dapat dikendalikan dan membubarkan diri.


Wadir Samapta Polda Bali AKBP Yudith Satriya Hananta, S.I.K., Sebagai ketua tim menyatakan bahwa kedatanganya bersama tim dalam rangka melaksanakan penilaian lomba dalmas tingkat Polda Bali tahun 2023.


“Dalam situasi tertentu Polri dituntut bergerak cepat sesuai dengan situasi, maka dibutuhkan kerjasama, kekompakan, dan kesiap siagaan personel dan laksanakan semua tindakan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah ditentukan, bersikap humanis namun tetap tegas dan sesuai SOP,” ujarnya  (*)

Posting Komentar

0 Komentar