Jatim-Babinsa Koramil 0819/26 Tosari Serda Suhardi melaksanakan pendampingan dan memberikan dukungan kepada umat Hindu dalam melaksanakan ritual Melasti. Ritual ini merupakan bagian dari perayaan penting dalam agama Hindu yang dilakukan untuk membersihkan diri secara fisik dan spiritual di sumber mata air Dusun Sunogiri Desa Podokoyo Kec Tosari. Minggu (2/7/23).


Dalam pelaksanaannya, Serda Suhardi yang merupakan Babinsa di wilayah Tosari, turut berpartisipasi dalam mendampingi dan memberikan bimbingan kepada umat Hindu. Ia memastikan bahwa kegiatan berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. Melalui kehadirannya, Serda Suhardi menjalin komunikasi yang baik dengan masyarakat Hindu, memperkuat hubungan antara TNI dan komunitas agama di Desa Podokoyo.


Ritual Melasti sendiri merupakan salah satu kegiatan sakral dalam agama Hindu yang dilaksanakan menjelang perayaan Nyepi. Melasti bertujuan untuk membersihkan jiwa dan menghapus segala dosa dalam rangka mempersiapkan diri menyambut tahun baru Saka.


Serda Suhardi menjelaskan, "Kami merasa terhormat dapat mendampingi umat Hindu dalam melaksanakan ritual Melasti ini. Tugas kami sebagai Babinsa adalah memberikan dukungan kepada seluruh masyarakat, tanpa memandang perbedaan agama. Kami senantiasa siap membantu dan menjaga kerukunan serta keamanan di Desa Podokoyo," ucapnya.


Masyarakat Hindu di Desa Podokoyo merasa terbantu dan dihargai atas peran TNI dalam menjaga keamanan dan mendukung kegiatan keagamaan di wilayah mereka.

Kegiatan Melasti yang berlangsung di Desa Podokoyo ini diikuti oleh ratusan umat Hindu dari berbagai usia. Mereka berkumpul dengan khidmat di sekitar sumber air yang dipilih untuk mencuci atribut suci mereka. Dalam atmosfer kebersamaan dan kerukunan, umat Hindu melaksanakan ritual ini dengan penuh kesungguhan.


Dengan adanya dukungan dan bimbingan dari Babinsa Serda Suhardi, perayaan Melasti di Desa Podokoyo berjalan sukses dan memberikan kedamaian serta kebahagiaan bagi umat Hindu. Kerukunan antarumat beragama yang terjalin dalam kegiatan ini menjadi bukti nyata bahwa Indonesia adalah negara yang kaya akan keragaman dan saling menghormati kepercayaan masing-masing.  (*)