Iklan

Nasional

Kapolres Klungkung Jadi Narasumber Seminar Peringatan HUT RI Songsong Pemilu Damai Berintegritas 2024

Tatag Gianyar
Sabtu, 19 Agustus 2023, Agustus 19, 2023 WIB Last Updated 2023-08-20T05:17:22Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Bali-Minggu, 20 Agustus 2023 Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta menjadi Narasumber Dalam rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-78 Tahun 2023 serta menyongsong penyelenggaraan Pemilu 2024 yang damai dan berintegritas dengan tema "Peran Pemuda Dalam Menjaga Persatuan Bangsa" bertempat di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung. 


Hadir Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, Dandim 1610 /Klungkung Letkol Inf Armen  Kapolsek se-Klungkung Daratan, Danramil se-Kkungkung Daratan, Kaban Kesbangpol Kab. Klungkung, Kasat Intel Polres Klungkung

Dan Ketua Karang Taruna se-Klungkung Daratan.



Kegiatan seminar dibuka oleh Kaban Kesbangpol Kab. Klungkung Sesuai tahapan pemilu 2024 saat ini sudah memasuki penetapan Daftar Calon Sementara DPD, DPR RI DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota. Dalam tahap ini masih dilakukan perbaikan lagi sebelum ditetapkan untuk itu silahkan bila ada hal-hal yang belum Pas terhadap terkait calon masyarakat masih diberikan kesempatan untuk memberikan masukan.


Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memberikan masukan terkait dengan peserta kegiatan seminar, diharapkan kedepannya Kesbangpol agar melibatkan Karang taruna dari masing-masing Desa/ Desa Adat. Harapan hal semacam ini yang ditujukan kepada para generasi muda bisa mencapai manfaat yang positif. Dimana para pemuda mampu memberikan sumbangsih pemikiran yang positif bagi Negara dan Kab. Klungkung pada khususnya.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Klungkung memaparkan/ menceritakan pembangunan Kab. Klungkung dalam kepemimpinannya yang menjadi prestasi di Provinsi Bali maupun Nasional, dengan harapan mampu membuka pemikiran bagi pemuda dan masyarakat untuk selalu kreatif dan inovatif sesuai dengan  selogan Kab. Klungkung Gema Santi. Dalam Tahun Politik diharapkan Generasi Muda  bisa cerdas dalam memilih pemimpin dan wakil rakyat. Akhir kata Bupati "anak muda nantinya agar menyiapkan diri untuk menjadi pemimpin yang menjadi harapan kedepan dengan selalu memiliki pemikiran maju.


 Dandim 1610 / Klungkung Letkol Inf Armen menyampaikan Persamaan persepsi melalui kegiatan ini adalah untuk kepentingan bersama dan Kab. Klungkung. adapun materi yang disampaikan adalah " Semangat Kemerdekaan RI Sebagai Dasar Dalam Berpolitik Tahun 2024. Kemerdekaan adalah hasil dari perjuangan dalam ini pendahulu kita berjuang dengan meneteskan darah untuk mencapai Kemerdekaan. Kita sebagai generasi muda tinggal meneruskan Kemerdekaan dengan Politik. 


Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta menyampaikan bahwa Tugas pokok Polri : "memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat".


Dalam perkembangan diera teknologi informasi Peran Pemuda sangat penting. Situasi Kondisi Pemuda di Kab. Klungkung "adanya degradasi dikalangan pemuda dalam diantaranya adanya peningkatan penggunaan narkotika dan sex bebas" dimana itu salah satu dari dampak negatif dari kemajuan teknologi dan informasi. Ucapnya  


"Kita sebagai generasi muda harus mampu memanfaatkan teknologi dan informasi untuk hal-hal yang positif. Sebagai generasi muda harus mampu melakukan kegiatan kreatif dan inovatif seperti yang digalakkan oleh Bupati Klungkung. Bila kita sebagai Pemuda mampu kreatif dan inovatif dengan melakukan kegiatan yang kreatif nantinya akan mampu mengisi pembangunan untuk mencapai Klungkung yang lebih maju. Sebagai Pemuda juga jangan apatis terhadap politik. Di Tahun Politik ini Pemuda harus lebih banyak mengisi diri dengan berbagai pengetahuan untuk menghadapi tantangan kedepan, kita harus bergerak bersama, bersatu untuk mencapai Indonesia Maju" Tuturnya 


Kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya Jawab dan  Pertanyaan dari Ketua Karang taruna  Desa Tohpati Banjarangkan Menyampaikan suatu keresahan pada Pemuda diera globalisasi dengan perkembangan teknologi adanya sikap apatis acuh tak acuh dalam pembangunan di desa, dengan harapan ini menjadi suatu perhatian yg perlu ditanggapi dengan kebijakan untuk mengantisipasi suatu sikap yang acuh tak acuh, apatis yg cendrung pada kebiasaan pola hidup negatif. Melalui seminar ini nantinya ada suatu solusi masukan yang dapat dibawa dan diterapkan di desa.


Tanggapan saya selaku  Kapolres Klungkung bahwa Perkembangan teknologi dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Prilaku manusia dipengaruhi oleh apa yg dilihat dan didengar. 


Strategi dari Kepolisian ada 3  yaitu Preemtif: melalui kegiatan penyuluhan, Preventif Melalui fungsi kepolisian dalam pembinaan diantara oleh Bhabinkamtibmas maupun program Polres Klungkung "Jumat Mesadu" yang secara langsung menyentuh pemuda untuk menghimbau/ menyarankan secara langsung terkait kegiatan masyarakat yang dapat berdampak negatif da. Penegakan hukum yaitu  Menindak secara tegas sesuai aturan hukum dengan mengedepankan restorarif justice. 


Diluar dari Tupok Polri, kami menyarankan Strategi karang taruna adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang positif sehingga tidak ketergantungan dalam pengaruh teknologi.imbuhnya ***

Komentar

Tampilkan

Terkini