Gianyar-Program Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini merupakan gagasan Bapak Kapolri sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan hidup.


Menyukseskan program tersebut, Polsek Blahbatuh Polres Gianyar menanam ratusan bibit pohon di area hutan dan lingkungan Pura Durga Kutri, Desa Buruan, Rabu/23 Agustus 2023.Yang mana pada area ini terdapat Hutan Purba yang sudah ada sejak Jaman Pemerintahan Raja Ksari Warmadewa pada Abad Ke-X.


Kegiatan pelestarian lingkungan tersebut turut pula diikuti oleh Perbekel Buruan, Babinsa Buruan, Staf Desa, Pranata Adat dan Dinas serta masyarakat sekitar. Tak ketinggalan pula Ibu-ibu Bhayangkari Ranting Blahbatuh.


Seijin Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada,S.I.K, Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama,S.H. mengatakan  bahwa peran kepolisian tidak hanya sebatas penegakan hukum, tetapi juga terlibat aktif dalam kegiatan sosial yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.


"Melalui program ini diharapkan menjadi pemicu untuk menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat mencintai lingkungan" ujarnya.


Dirinya menuturkan, aksi penanaman ratusan pohon ini sebagai bentuk nyata kepedulian Polri terhadap lingkungan, pelestarian alam, menyelamatkan bumi dari berbagai ancaman serta menjaga keberlangsungan kehidupan.


Aksi penghijauan sejak dini memiliki banyak manfaat bagi kehidupan, seperti mengurangi ancaman pemanasan global, memperbanyak produksi oksigen, serta lebih pada mengatasi dan menurunkan kadar polusi udara.


" Melalui kegiatan menanam pohon harapan kami dapat menggugah kesadaran bersama dalam menjaga alam ini, juga untuk membuat lingkungan yang lebih sehat, nyaman, dan lestari. Gerakan penghijauan ini terus dilaksanakan secara konsisten"  Tambah Kompol Tama.


Perbekel Desa Buruan I Ketut Sumarda sangat mengapresiasi kegiatan Kepolisian dalam melestarikan lingkungan ini seraya menambahkan manfaat bagi masyarakat.


"Saya mewakili segenap masyarakat Buruan sangat mengapresiasi Program Pelestarian Lingkungan yang digagas oleh Bapak Kapolri, Kegiatan ini sangat bermanfaat selain untuk kelestarian lingkungan, Pohon yang ditanam diharapkan memberi manfaat jangka panjang bagi masyarakat" tandasnya. (*)