Iklan

Nasional

Babinsa Kerta Buwana Menghadiri Prosesi Pengabenan Warga Dusun Pulisari

Admin Bali
Senin, 06 November 2023, November 06, 2023 WIB Last Updated 2023-11-06T13:15:58Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


TANAH BUMBU - Prosesi Pengabenan warga Rt 03 dusun Pulosari desa Kerta Buwana. Adanya salah satu Warga yang meninggal dunia dan proses keagamaan, turut dihadiri oleh Sertu Sunarto selaku Babinsa, Kamis (06/11/2023).


Kegiatan dihadiri oleh tokoh Agama Hindu yang memimpin jalannya Prosesi Ngaben juga turut dihadiri oleh Kepala desa Kerta Buwana selaku aparat pemerintahan dan lebih kurang 120 orang warga umat Hindu desa Kerta Buwana.


Kegiatan diawali dengan proses  penyiraman Jenazah, dilanjutkan dengan  Doa bersama keluarga di pimpin Mangku I Ketut Suwenda selaku tokoh agama, kemudian Jenazah diangkat/digotong berangkat dari rumah duka dan Jenazah di upacarakan dengan Pengabenan, setelah selasai acara kerabat, keluarga dan warga yang mengantarkan membawa abu Jenazah ke laut puncak dari prosesi adat.


Sebagai Babinsa, kegiatan mengikuti kegiatan keagamaan tersebut sebagai Abdi Negara yang  turut berduka cita kepada warga binaan sekaligus menjalin Silaturahmi serta berkomunikasi dengan para tokoh agama yang berada di desa Kerta Buwana.


Kapten Inf Sahlan Nurdibyanto, Danramil 1022-06/Sungai Loban mewakili Dandim 1022/Tnb, Letkol Inf Aldin Hadi,S.H.,M.Tr (Han) menyampaikan peran Babinsa dalam menjalin hubungan dan komunikasi dengan warga binaannya bisa dilakukan kapanpun, termasuk dengan menghadiri kegiatan keagamaan.

"Babinsa selaku ujung tombak Kodim yang berada langsung di lapangan hendaklah mampu menjalin hubungan dan  komunikasi yang baik dengan seluruh warga binaannya, kapanpun dan dimanapun termasuk dalam kegiatan keagamaan".



"Babinsa menghadiri kegiatan ngaben merupakan salah satu bentuk kepedulian dan bentuk simpati kepada warga desa yang mengalami kedukaan, karena ada salah seorang anggota keluarganya yang meninggal dunia, sehingga dengan cara seperti ini kedekatan antara warga desa dengan aparat kewilayahan khususnya Babinsa dapat terwujud" pungkas Sahlan. (Kodim 1022/Tnb).

Komentar

Tampilkan

Terkini