Jayapura - Bertempat di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua, Jayapura, Kabidpropam Polda Papua Kombes Pol Gustaf R. Urbinas, S.H., S.I.K., M.Pd memimpin jalannya kegiatan penelusuran mental kepribadian PMK rekutmen proaktif Bintara Polri T.A 2023 Polda Papua, Senin (27/11/23) pagi.


Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kasubbid Paminal Bidpropam Polda Papua Kompol Ruben Palayukan, S.PT., S.I.K, Kaur Litpers AKP Bambang Ir, Iptu Andi Soesilo, S.H., M.H, Ipda Rany Pieris, S.IP dan seluruh anggota Paminal yang terlibat panitia PMK.


Adapun pengawas Internal dari Itwasda Polda Papua Bigpol Ageng Wibowo dan pengamanan dari Subbid Provos Bidpropam Polda Papua yaitu Bripda Allowisyus Fasak dan Bripda Josua Pembuain.


Peserta Bintara Polri yang Mengikuti giat PMK berjumlah 31 Orang dengan rincian laki-laki sebanyak orang dan Wanita sebanyak 5 orang.


Kegiatan PMK rekutmen proaktif Bintara Polri T.A 2023 Polda Papua diawali dengan Apel Pengecekan kepada peserta Bintara Polri yang Mengikuti Test PMK kemudian pembagian Soal Daftar Pengisian Clearrance Tes (DPCT) Kepada peserta test.


Selanjutnya Panitia menjelaskan kepada peserta terkait tata cara pengisian DPCT, kemudian para Peserta mulai mengerjakan Pengisian data diri DPCT setelah itu para peserta mengerjakan soal pilihan ganda 100 soal dan mengerjakan soal esai 15  soal  Tes PMK 


Kabid Propam Polda Papua Kombes Pol Gustav R. Urbinas, SH., S.I.K, M.Pd dalam arahannya kepada Para peserta seleksi Bitara Polri mengatakan bahwa test penerimaan anggota Polri tidak dipungut biaya apapun dan berlaku di seluruh Indonesia termasuk di Papua, dengan demikian apabila ada calo penerimaan anggota Polri akan ditindak tegas oleh Bidpropam Polda Papua. 


"Para Peserta harus selalu dalam kondisi sehat dalam mengikuti Rekutmen Bintara polri yang sedang berlangsung saat ini. para Peserta dilarang untuk mengkonsumsi minuman keras (beralkohol) dalam pelaksanaan Rekutmen Polri" tandasnya.


Kabid Propam menambahkan bagi peserta Rekutmen Bintara Polri juga dilarang membuat keributan atau kekacauan dalam pelaksanaan Rekutmen Polri, apabila peserta yang merasa sangat dirugikan bisa segera melaporkan di aplikasi Propam Presisi sebagai sarana pelayanan masyarakat/pelapor sehingga lebih cepat, mudah, transparan, Akuntabel dan Informatif".


"Esok hari tanggal 28 November 2023 akan dilanjutkan giat wawancara PMK Rekutmen Proaktif Bintara Polri" imbuhnya


Penulis: Zaenal