Tabanan-Untuk menghadapi segala gangguan kamtibmas guna memberikan rasa aman kepada masyarakat terutama menjelang Pemilu 2024, tentunya Personil Kepolisian harus memiliki kemampuan, keahlian serta kesehatan yang prima, disamping itu Personil Kepolisian juga harus berinovasi dan berinteraksi kepada masyarakat dalam menjalankan tugas dilapangan untuk menjaga situasi yang aman dan kondusif, untuk itu Personil Kepolisian harus melatih diri.

Hal tersebut dilaksanakan oleh Satuan Samapta Polres Tabanan, rutin melakukan latihan, baik itu latihan Dalmas dalam rangka pengamanan unjuk rasa, Bela diri Polri, senam Tongkat dan latihan fisik lainnya guna menjaga kebugaran.


Kegiatan pembinaan kemampuan dalam menghadapi ancaman dan ganguan keamanan dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Tabaan AKP I Wayan Suta Arcana,S.H, dibantu oleh Ipda I Nyoman Ardanayasa dan Bripka Rangga Dita Diputra diikuti oleh  pasukan Power On Hand Polres Tabanan, Selasa, ( 30/1/2024 ).


Dari Latihan Fisik ditempat ( Beladiri Polri, Senam Tonglat ) kemudian di akhiri dengan latihan Dalmas.


Kasat Samapta Polres Tabanan AKP I Wayan Suta Arcana, S.H, menjelaskan Standar Operasional Prosedur kepada Personil, mereka dilatih bagaimana tahapan kegitan pengamanan yang harus dilakukan dalam menghadapi unjuk rasa damai maupun unjuk rasa yang mengarah ke anarkis dengan selalu menjaga sikap humanis dan tegas.


Kasat Samapta juga  menjelaskan bahwa kegiatan Pembinaan Fisik, mental berupa latihan Senam Tongkat, Bela Diri Polri dan latihan dalmas dilakukan rutin setiap hari, guna memaksimalkan kekuatan fisik dan mental, sehingga apabila nantinya berhadapan dengan massa tidak ada keragu - raguaan. 


“ Latihan ini untuk meningkatkan kemampuan personil dalam menjalankan tugas - tugas dilapangan pada saat patroli dan kegiatan pengamanan segala bentuk kegiatan masyarakat, personil dituntut untuk mempu menghadapi gangguan kamtibmas yang ditemukan saat bertugas, untuk itulah fisik mereka harus terus dilatih dan mengingat sebentar lagi akan di gelar Pemilu 2024,” tegas Kasat Samapta.


 ( Humas Polres Tabanan )