GIANYAR-Satgas Preemtif Operasi Mantap Brata (OMB) Agung 2023-2024, khususnya Sub Satgas Binmas, terus berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta menyikapi memasuki tahun Pemilu 2024. Kali ini, mereka melakukan patroli sekaligus menyambangi masyarakat untuk memberikan himbauan tentang kamtibmas dan pentingnya waspada terhadap berita hoax. Sabtu (20/1/2024). 

Personil Sub Satgas Binmas OMB bergerak ke berbagai lokasi strategis  dalam upaya menjaga kamtibmas dan mendekatkan diri dengan masyarakat. Mereka berinteraksi dengan warga setempat, berbicara tentang keamanan, dan memberikan himbauan terkait cara menjaga ketertiban di lingkungan mereka.

Kasubsatgas Binmas AKP I Wayan Antariksawan, S.H., M.H., menjelaskan, “Kami hadir di sini untuk memastikan bahwa masyarakat merasa aman dan untuk memberikan himbauan tentang pentingnya kamtibmas. Selain itu, kami ingin masyarakat siap menghadapi Pemilu 2024 dengan bijak dan tidak terpedaya oleh berita hoax.”

Selain himbauan kamtibmas, personil Subsatgas Binmas juga memberikan edukasi tentang cara mengenali dan menghindari berita hoax. Masyarakat diberikan tips tentang memeriksa sumber berita, mencari informasi dari sumber terpercaya, serta tidak langsung menyebarkan informasi yang belum diverifikasi.

Respon masyarakat terhadap kehadiran Subsatgas Binmas OMB sangat positif. Dengan patroli dan sambang ini, Subsatgas Binmas OMB menunjukkan peran yang lebih luas dalam menjaga keamanan dan ketertiban serta memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya berita hoax. Upaya ini adalah langkah penting dalam mempersiapkan masyarakat menghadapi Pemilu 2024 dengan bijak dan bertanggung jawab. (*)