Gianyar-Pelestarian Lingkungan adalah proses atau cara perlindungan dari kemusnahan dan kerusakan. Penataan sumber daya alam yang menjamin pemakaiaannya secara berkesinambungan simpanannya yaitu dengan tetap meningkatkan kualitas nilai keanekaragamannya dan tetap memeliharanya.

Kondisi lingkungan yang saat ini mengalami kecenderungan tercemar dan rusak memerlukan perhatian dan tindakan nyata dari semua pihak, sebagaimana Sinergitas TNI-Polri di Kecamatan Blahbatuh  melaksanakan aksi nyata dalam melestarikan lingkungan.

Bertempat di Pantai Saba, Blahbatuh/Senin 8 Januari 2024, Kolaborasi TNI-Polri bersama Pemerintahan desa Saba melaksanakan kegiatan membersihkan areal pantai dari sampah utamanya sampah plastik.

Tak hanya itu kegiatan ini turut pula dibarengi dengan penghijauan dengan  penanaman pohon perindang di sekitar pantai dengan harapan nantinya dapat menjadikan lingkungan menjadi lebih asri.

Seijin Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada,S.I.K. Kompol I Made Tama,S.H., M.H. membenarkan kegiatan yang dilaksanakan oleh personel seraya menambahkan bahwa kegiatan ini dapat mencegah dampak bencana alam utamanya erosi dan banjir

" Peranan kita bersama untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya bencana alam, melalui penanaman pohon dapat mengantisipasi perubahan cuaca ekstrim yang saat ini terjadi," ujar Kapolsek.

Kompol Tama juga menambahkan bahwa dengan menanam 1 pohon, berarti telah peduli dengan anak dan cucu generasi yang akan datang.

“Satu Pohon yang kita tanam, berarti kita telah peduli dengan anak cucu kita. Dengan menanam pohon banyak sekali manfaat yang akan diperoleh, bisa manambah produksi oksigen, jika tanaman buah bisa dimanfaatkan buahnya, dengan penghijauan kita bisa terhindar dari bahaya banjir dan erosi. ” tandas Kapolsek. (*)