GIANYAR-Polres Gianyar menggelar kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam-Mako) dipimpin Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada, SIK bertempat di Lapangan Apel Mapolres Gianyar. Sabtu (3/2/24) pagi


Kegiatan ini bertujuan untuk menguji kesiapan aparat dalam menghadapi berbagai potensi ancaman apabila terjadi chaos (kontijensi) di Mako Polres Gianyar.


Dalam simulasi  tersebut disimulasikan dari Satuan Lalulintas Polres Gianyar melaksanakan penertiban dan penindakan terhadap masyarakat yang mempergunakan knalpot brong.


Dengan adanya kegiatan tersebut dari beberapa kelompok masyarakat merasa tidak terima dengan adanya penertiban dan penindakan terhadap masyarakat yang mempergunakan knalpot brong.  


Selanjutnya masyarakat berkumpul  di alun-alun Gianyar dengan maksud untuk melakukan aksi protes terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Satuan Lalulintas.


Setelah masyarakat berkumpul selanjutnya menuju Mako Polres Gianyar untuk melakukan aksi protes.


Sebelum masyarakat melakukan aksi protes ke Mako Polres Gianyar dari Sat Intelkam sudah melaporkan adanya rencana dari masyarakat akan melakukan aksi protes ke Mako Polres Gianyar. 


Dengan adanya laporan tersebut selanjutnya Kabag Ops Polres Gianyar  memerintahkan seluruh personel Polres Gianyar untuk melaksanakan apel dan dilanjutkan dengan melaksanakan kegiatan sispam mako yang sudah diploting sesuai penempatan personel di seputaran mako.


Pada saat masyarakat yang melakukan aksi protes tiba di Mako disambut oleh tim negosiator dari Sat Bimas Polres Gianyar namun masyarakat tetap tidak menerima penjelasan dari tim negosiator.


Dengan adanya hal tersebut Kabag Ops Polres Gianyar memerintahkan Kasat Samapta untuk mengerahkan Dalmas awal untuk mengurai massa namun massa masih tetap tidak mau mundur dan berusaha untuk menerobos pasukan dalmas awal sehingga Kabag Ops Polres Gianyar kembali memerintahkan Kasat Samapta untuk mengerahkan dalmas lanjut.


Setelah dikerahkanya dalmas lanjutan massa tetap menerobos berkeinginan untuk memasuki mako Polres Gianyar sehingga dengan adanya hal tersebut Kabag Ops memerintahkan kompi dalmas untuk melakukan tindakan tegas terukur dengan cara mendorong maju massa sehingga massa bisa terurai dan membubarkan diri namun pada saat tersebut dari beberapa massa bisa menerobos pasukan dalmas tetapi massa tersebut dapat diamankan oleh tim tindak Sat Reskrim Polres Gianyar.


“Untuk kegiatan hari ini jajaran polres Gianyar melaksanakan simulasi Sispam Mako,” kata Kapolres Gianyar usai kegiatan.


Menurut kapolres, kegiatan ini perlu dilakukan untuk menguji kesiapan Sistem Pengamanan Markas Komando (Sispam-Mako). Terlebih lagi, saat ini memasuki tahun politik, sehingga perlu mengantisipasi kemungkinan gangguan kamtibmas yang akan mengancam, baik di mako, maupun kantor-kantor instansi pemerintahan lainnya. (*)