Tiom - Bertempat di Hotel Nawi Abua Tiom telah dilaksanakan rapat koordinasi antara Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya bersama Aparat Keamanan dan Penyelenggara Pemilu terkait pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke 39 Distrik di Kabupaten Lanny Jaya, Sabtu (10/2/24).


Rapat tersebut dipimpin langsung Pj. Bupati Petrus Wakerwa, SE, yang dihadiri oleh Kapolres Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay, S.IK, Dandim 1713/LJ Letkol Inf. Try Hadianto, Danyon 721/MKS Letkol Inf. Heri Kuswanto, Ketua KPU Aminastri Kogoya, Ketua Bawaslu Dujan Kogoya, Wadanki Brimob Pos Indawa Iptu Lazarus Bonay, Para OPD Pemerintah Kab. Lanny Jaya.


Dalam kesempatan tersebut Pj. Bupati Lanny Jaya Petrus Wakerwa,SE mengatakan bahwa waktu semakin dekat dan ada beberapa titik rawan seperti kondisi jalan maupun medan yang mana menjadi tempat yang akan dilalui pendistribusian logistik maupun aparat yang melaksanakan pengamanan.


"Besok sebelum pergeseran logistik pemilu, kita akan laksanakan doa pemilu damai agar saat pelaksanaan tidak ada hambatan dan terlaksana dengan aman,"ucapnya.


Sementara itu Ketua KPU Lanny Lanny Jaya Aminastri Kogoya menyampaikan bahwa ada tiga distrik yang menjadi target utama untuk pergeseran hari pertama di hari Minggu besok (11/2) diantaranya Distrik Kuyawage, Goa Balim dan Distrik Wano Barat.


"Ketiga Distrik ini yang diutamakan deluan untuk pendistribusian logistik lantaran daerah tersebut sulit dijangkau sampai ke TPS dan dalam hal ini untuk pendistribusian KPU memakai pihak ketiga untuk mengantar hingga ke Distrik dan akan diterima oleh tim panwas tingkat bawah,"ujarnya.


"Sedangkan 36 distrik yang tersisa akan dilaksanakan pada hari Senin mendatang untuk pendistribusian logistik dari tingkat Kabupaten ke Distrik dan tanggal 13 Februari akan digeser dari tingkat Distrik ke TPS,"jelas Ketua KPU.


Dikesempatan yang sama, Kapolres Lanny Jaya AKBP Umar Nasatekay, S.IK memastikan pendistribusian logistik pemilu berjalan lancar yang akan dikawal personil Polres Lanny Jaya dibantu oleh pihak TNI.


"Untuk pendistribusian logistik pihaknya sudah tempatkan personil sesuai daerah yang dituju sehingga perlunya koordinasi yang baik antara penyelenggara pemilu dalam hal ini KPU dan Bawaslu dengan pihak keamanan yang akan mengawal logistik,"ungkapnya.


Selian itu juga Kapolres memastikan kepada KPU agar mengecek data serta kesiapan pihak ketiga yang nantinya melakukan pendistribusian logistik.


"Untuk pihak ketiga yang akan melaksanakan tugasnya agar mengetahui diterima oleh siapa dan jangan lupa mendokumentasikan agar pada saat pendistribusian logistik bisa dapat berjalan dengan lancar ," pungkas Kapolres Lanny Jaya.(*)



Penulis. :HMSLanny