Babinsa Koramil 1002-01/Bas Amankan Persembahyangan Hari Raya Nyepi di Pura Agung Datu Magintir


BARABAI-Babinsa Koramil 1002-01/Batang Alai Selatan Sertu Wahyu  Arif.S. melaksanakan pengamanan Persembahyangan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1946 Umat Hindu di Pura Agung Datu Magintir Desa Labuhan RT. 06 RW. 03 Kec. Batang Alai Selatan Kab. Hulu Sungai Tengah. Selasa (12/03/2024).


“Kehadiran Babinsa dalam kegiatan tersebut melaksanakan pengamanan yang bersinergi dengan aparat terkait guna memberikan rasa nyaman dan aman bagi umat hindu disaat melaksanakan ibadah.


Dalam kegiatan ini Babinsa menuturkan bahwa filosofi hari raya Nyepi mengandung makna untuk memotivasi umat Hindu secara ritual dan spiritual agar alam senantiasa menjadi sumber kehidupan. Utamanya upacara Tawur Kesanga yang berarti melepaskan sifat-sifat serakah yang melekat pada diri manusia.


“Selain itu Nyepi merupakan sarana introspeksi/ evaluasi diri serta untuk membersihkan jiwa dari segala bentuk perilaku yang tidak baik, untuk mendapatkan kedamaian, ketentraman dan keselarasan dalam kehidupan.


Di tempat terpisah Dandim 1002/HST Letkol Inf Fery Perbawa.S.Hub.Int.,M.Han, melalui Perwira  Seksi Operasi Kodim 1002/HST Kapten Inf Subhan mengatakan  telah mengintruksikan kepada seluruh Babinsa untuk turut membantu melaksanakan pengamanan setiap kegiatan yang ada di wilayahnya termasuk di dalamnya upacara keagamaan agar umat dapat melaksanakan kegiatan keagamaan dengan nyaman dan khusuk serta berjalan aman dan lancar.”harapnya


“Babinsa dituntut selalu berada ditengah-tengah warga yang merupakan pengabdian dan dedikasi, serta komitmen selaku Babinsa yang sudah menjadi tugas dan kewajiban Babinsa, untuk membantu warga binaan dalam situasi dan kondisi apapun.”pungkasnya.(pen1002hst).

Posting Komentar

0 Komentar