Tirtayatra di Pura Lempuyang, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi Mohon Restu Pimpin Kodam IX/Udayana


Karangasem - Dalam bahasa sehari-hari di Bali, Tirtayatra dipahami sebagai perjalanan ke Pura atau tempat suci di Bali yang mampu memberikan pancaran atau getaran spiritual. Atau tempat-tempat yang mampu membangkitkan aura dan vibrasi kesucian, serta ketenangan jiwa, yang mendukung konsentrasi untuk melakukan pemujaan kehadapan Tuhan Yang Maha Esa.


Selaku Pejabat baru di Kodam IX/Udayana, sudahlah menjadi tradisi untuk melaksanakan Tirtayatra sebagai wujud permohonan restu kepada Sang Pencipta yang diyakini guna mendapatkan kesuksesan dan kelancaran dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab. Hal tersebut dilakukan Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, pada Sabtu 23 Maret 2024.


Bersama Ketua Persit KCK PD IX/Udayana, Ny. Dian Bambang Trisnohadi, Pangdam IX/Udayana kali ini mengunjungi salah satu Pura Sad Kahyangan Jagad atau enam tempat sembahyang paling suci di Bali, yaitu Pura Penataran Agung Lempuyang yang terletak di Lereng Gunung Lempuyang, Desa Tribuana, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali.


Tiba di Pura Penataran Agung Lempuyang, Pangdam beserta rombongan disambut oleh Dandim 1623/Karangasem Letkol Inf Sutikno, S.M., serta Danramil 1623-02/Abang dan Pengurus Persit KCK Cabang XXXVlll Dim 1623/Karangasem, selanjutnya menuju Pura Pesucian Telaga Mas Lempuyang dan Balai Pesandekan untuk persiapan menuju Pura Lempuyang luhur.


Setelah menapaki lebih dari 1.700 (seribu tujuh ratus) anak tangga, rombongan Pangdam tiba di Pura Lempuyang Luhur dilanjutkan   kegiatan persembahyangan bersama yang dipimpin (Puput) oleh Jero Mangku Nyoman Wangi. Pada kesempatan tersebut, Pangdam juga menyerahkan Dana Punia sebagai sumbangan keagamaan yang ditunaikan untuk pengamalan ajaran dharma.


Kegiatan Tirtayatra yang dilaksanakan oleh Pangdam IX/Udayana beserta rombongan tersebut juga memiliki banyak manfaat diantaranya meningkatkan Sraddha, keyakinan atau keimanan, terjadinya proses penyegaran kembali terhadap mental dan fisik yang sebelumnya jenuh akibat rutinitas, memperluas cakrawala, serta mengagumi Keagungan Tuhan sebagai maha pencipta.


Turut hadir mendampingi Pangdam dalam kegiatan Tirtayatra diantaranya, Danrem 163/WSA, Asrendam IX/Udayana, Para Asisten Kasdam IX/Udayana, Pamen Sahli Pangdam Bidang Ideologi, Kabintaljarahdam IX/Udayana dan Kajasdam IX/Udayana, serta Waas Ops Kasdam IX/Udayana. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar