Bangli - Menindaklanjuti merebaknya penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak sekarang ini, Babinmas Kelurahan Kawan, Kecamatan Bangli Aiptu Ni Putu Kristina bersama Babinsa Peltu Suparna mendampingi PPL Kelurahan Kawan Ketut Suastika melaksanakan pengecekan kepada hewan ternak sapi bertempat di kelompok  Simantri Aya Lestari Lingk/Br kawan, Kel.Kawan, Kec/Kab. Bangli.

(Jumat, 8 Juli 2022).


 Kasat Binmas melalui Babin Kelurahan Kawan Aipda Ni Putu Kristina mengatakan, "tujuan dilaksanakan pengecekan  Hewan Ternak Sapi milik kelompok Simantri Aya Lestari guna mengantisipasi serta mencegah dini Penyakit Mulut dan Kuku (PMK)  diwilayah binaannya.


Dari data Hewan Ternak Sapi Simantri Aya Lestari di lingk/br Kawan Kel. Kawan sebagai Ketua Kelompok  Nyoman Sura dengan Jumlah Kelompok  21 orang,  Hewan Ternak  20 ekor.  Hasil pemantauan untuk sementara  hewan ternak sapi di Kelompok Aya Lestari semuanya dalam kondisi sehat dan belum ditemukan adanya tanda-tanda virus PMK.


Dalam kesempatan tersebut Babin juga menghimbau kepada kelompok Simantri Aya Lestari agar menjaga kebersihan kandang dan sapinya dengan cara  penyemprotan disinfektan dan menjaga pakan ternaknya, apabila ada ternak  yang mengalami gejala terpapar virus PMK agar segera menghubungi petugas PPL untuk penanggulangan secara cepat agar penyebaran tidak semakin meluas, "tutupnya.