Gianyar -  Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap awal tahun ajaran guna menyambut kedatangan para peserta didik baru.


Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri maupun swasta menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. 


Kegiatan MPLS Di Sejumlah Sekolah  di Kecamatan Blahbatuh dimulai hari ini Senin /11-07, sebagaimana terpantau Di SMK PGRI Blahbatuh, Polsek Blahbatuh menerjunkan personelnya guna memberikan materi yang berkaitan nantinya dengan proses belajar mengajar siswa.


Kapolsek Blahbatuh Kompol I Ketut Suharto Giri, S.H.,M.H menyatakan bahwa pemberian materi kepada siswa sesuai dengan undangan dari pihak Sekolah." Kami menyambut baik undangan dari pihak Sekolah, sebagaimana pendidikan merupakan tanggung jawab Kita Bersama,untuk itu kami hadirkan anggota langsung, Ujarnya.


MPLS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. "Pada kesempatan ini kami memberikan materi tentang Bela Negara untuk memperkuat khasanah siswa tentang pentingnya Rasa Cinta Tanah air, Rela Berkorban serta Disiplin dalam mengikuti proses belajar mengajar serta memupuk jiwa Patriotisme, tambah Kompol Suharto Giri.


"Yang tak kalah pentingnya kami juga menyampaikan tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba, Ketertiban Berlalu Lintas serta Kenakalan Remaja, harapan kami para Siswa nantinya mengenal dan memahami pentingnya belajar sebagai upaya meningkatkan kualitas SDM, tutup Kapolsek. ***