Denpasar – Dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2022, Kodam IX/Udayana menggelar berbagai kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dan Doa Bersama yang dilaksanakan di  Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Tingkat II Kesdam IX/Udayana, Jalan P.B. Sudirman No. 1, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu (14/12/2022).


Kegiatan Baksos tersebut diawali dengan pelaksanaan Donor Darah dan Khitanan Massal. Pangdam lX/Udayana Mayjen TNl Sonny Aprianto., S.E., M.M., selaku pimpinan kegiatan Baksos juga melaksanakan Donor Darah bersama PJU Kodam IX/Udayana, kemudian dilanjutkan dengan meninjau kegiatan Khitanan Massal dan melaksanakan Video Conference (Vidcon) yang dipimpin oleh Kasad.


Usai menghadiri Vidcon yang diikuti oleh seluruh Kotama jajaran TNI AD, selanjutnya Pangdam menuju ke Lapangan Makesdam untuk memulai acara Doa Bersama. Mengawali sambutannya, Pangdam mengucapkan puji syukur atas terselenggaranya kegiatan Doa Bersama, Donor Darah, Khitanan Massal dan Pemberian Santunan kepada Anak Yatim Piatu untuk memperingati Hari Juang TNI AD Tahun 2022.


“Selaku Pangdam IX/Udayana maupun pribadi saya mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada penyelenggara dan peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan mulia (Baksos) ini, semoga dengan niat tulus ikhlas kita, pelaksanaan kegiatan ini mendapat berkah dan ridho-Nya,” ucap Pangdam.


Terkait Hari Juang TNI AD, Pangdam mengungkapkan bahwa peringatan ini dimaksudkan sebagai wujud ungkapan rasa syukur dan bentuk penghormatan kepada para Pahlawan serta untuk mengenang kembali sejarah perjuangan TNI AD. Di samping itu, juga sebagai sarana introspeksi diri guna mengevaluasi perjalanan panjang yang telah dilalui, sekaligus memantapkan komitmen untuk melakukan yang lebih baik di masa depan dalam melestarikan tradisi TNI AD.


“Tujuannya adalah untuk meningkatkan motivasi, semangat, jiwa kejuangan, nasionalisme dan patriotisme dalam melaksanakan tugas dan tantangan ke depan. Hal ini sebagai bukti komitmen TNI AD untuk terus berjuang bersama rakyat sesuai dengan tema Hari juang TNI AD yang Ke 77 yaitu TNI Angkatan Darat di Hati Rakyat,” ujar Pangdam.


Lebih lanjut Pangdam juga mengatakan bahwa Kegiatan Doa Bersama dan Bakti Sosial berupa Donor Darah, Khitanan Massal serta Pemberian Santunan kepada Anak Yatim Piatu ini merupakan bentuk kepedulian Kodam IX/Udayana terhadap masyarakat dan menjaga keselamatan bangsa. 


“Di samping itu, kegiatan Doa Bersama dan Bakti Sosial ini juga diharapkan semakin memperkokoh toleransi antar   umat beragama, terwujudnya kemanunggalan TNI AD dengan Masyarakat, serta memperkuat dukungan masyarakat dalam membangun soliditas dan kebersamaan untuk menjaga keutuhan NKRI,” demikian pungkas Pangdam.


Kegiatan diakhiri dengan Doa Bersama yang dipimpin secara bergantian oleh para Tokoh Agama di wilayah Provinsi Bali, dilanjutkan dengan penyerahan santunan kepada anak-anak yatim piatu yang ada di wilayah Provinsi Bali, serta penyerahan piagam penghargaan dari Pangdam kepada para Tokoh Agama dan penyerahan piagam penghargaan dari Pimpinan PMI Provinsi Bali kepada Pangdam. (Pendam IX/Udy)