Ngayah, Kapolsek Nusa Penida Jalin Kedekatan Dengan Masyarakat



Bali - Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Sumerta, S.Sos., melaksanakan 'Ngayah'  topeng di Pura Paluang, Desa Bungamekar, Nusa Penida, Klungkung (17/2/2023).


Selain kecintaannya dan keinginan untuk melestarikan seni dan budaya , khususnya dalam seni pertunjukan ( Tari topeng ) sekaligus merupakan sarana Kapolsek Nusa Penida untuk  mendekatkan diri dengan masyarakat Nusa Penida yaitu dengan konsep 'Ngayah'.


Berawal dari saat pelaksanaan kegiatan "Jumat Mesadu" di Wantilan Pura Paluang, Kapolsek Nusa Penida mengajak siapa pun yang mengundang beliau untuk 'Ngayah Topeng' saat ada kegiatan upacara keagamaan, beliau pasti siap.


"Jumat Mesadu sendiri" merupakan Program dari Bapak Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta, S.I.K., S.H., yang bertujuan untuk menyediakan sarana yang memungkinkan masyarakat   dapat berkomunikasi secara langsung dengan Polres Klungkung dan Polsek Nusa Penida baik secara online melalui Media Sosial Polsek Nusa Penida maupun secara offline masyarakat hadir saat kegiatan acara “Jumat Mesadu” berlangsung sehingga bisa memberikan kritik, saran dan masukan terkait pelayanan kepolisian di Polsek Nusa Penida.


Kapolsek Nusa Penida berkesempatan Ngayah Topeng di Pura Paluang yang bertepatan dengan  Piodalan atau Pujawali pada Tumpek Krulut atau hari Saniscara Kliwon Krulut, setiap 6 bulan sekali (210 hari), dan Ida Bhatara nyejer selama 3 hari.


Pada kesempatan tersebut Kapolsek Nusa Penida menarikan Tari Topeng Keras, Tari Topeng Tua, dan Tari Sidakarya, serta saat menarikan Penasar berkesempatan untuk berinteraksi dengan masyarakat untuk memperkenalkan diri diselingi candaan, dan pesan pesan kamtibmas untuk lebih dekat dengan masyarakat.


Kapolsek Nusa Penida mengatakan bahwa disamping tugasnya sebagai aparat negara juga ingin melayani dan mengabdikan diri melalui seni, sekaligus dalam rangka menjalin kemitraan dengan masyarakat.


"Apabila ada kegiatan Upacara Agama, piodalan atau Pujawali apabila diminta untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan, kami pasti siap Ngayah" Tambahnya.  (*)

Posting Komentar

0 Komentar