Pimpin Pitra Puja di Puri Carangsari, Pangdam : Jadikan Nilai Luhur Perjuangan I Gusti Ngurah Rai Sebagai Suri Tauladan



Badung - Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66, Kodam IX/Udayana melaksanakan Pitra Puja di Merajan (tempat suci pemujaan) Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai, yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, S.E., M.M., bertempat di Puri Carangsari, Kecamatan Petang, Kabupaten Badung, pada Kamis (25/5/2023).


Pitra Puja dimaknai sebagai penghormatan atau pemujaan kepada para leluhur sesuai garis purusa yang disentanakan pada tempat-tempat pemujaan. Kehormatan yang diberikan kepada Brigjen Anumerta I Gusti Ngurah Rai sebagai pahlawan bangsa yang berjasa dalam perang kemerdekaan sekaligus sebagai pimpinan Resimen Sunda Kecil.


Sebagaimana diketahui, Resimen Sunda Kecil yang bermarkas di Markas Besar Oemoem Dewan Perjuangan Rakyat Indonesia Sunda Kecil (MBO DPRI SK), di Banjar Munduk Malang, Desa Dalang, Kecamatan Selemadeg Timur, Kabupaten Tabanan, merupakan cikal bakal berdirinya Kodam IX/Udayana yang saat ini berkedudukan di Kota Denpasar.


Tiba di Puri Carangsari, Pangdam IX/Udayana beserta rombongan disambut oleh keluarga Puri serta Tarian Sekar Jagat dengan diiringi Gamelan Baleganjur. Dalam kesempatan tersebut, I Gusti Ngurah Gede Yudana yang merupakan putra sulung I Gusti Ngurah Rai menyampaikan ucapan selamat datang di Puri Carangsari dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun ke-66 Kodam IX/Udayana.


"Kunjungan dari bapak dan seluruh jajaran bagi kami merupakan penghargaan yang luar biasa kepada Ayah saya dan juga kepada keluarga. Selama Bapak Panglima menjabat menjadi Pangdam IX/Udayana sudah 2 kali bapak datang ke rumah kami di Puri Carang Sari, hal itu merupakan wujud perhatian bapak terhadap para pejuang kemerdekaan", pungkas putra sulung I Gusti Ngurah Rai.


Sementara itu, Pangdam IX/Udayana dalam sambutan menyampaikan ucapan terima kasih kepada keluarga besar Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai dan seluruh undangan atas kehadiran dan partisipasinya serta berharap semoga acara Pitra Puja ini dapat berjalan dengan hikmat dan mendapatkan restu dari Tuhan Yang Maha Esa.


"Perlu saya sampaikan bahwa dilaksanakannya acara Pitra Puja I Gusti Ngurah Rai ini adalah untuk mengirimkan doa dan menghaturkan pemujaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, serta sebagai wujud penghormatan kita kepada Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai agar beliau mendapatkan tempat terbaik sesuai dengan darma baktinya dalam membela bangsa dan negara", tambah Pangdam.


Melalui acara Pitra Puja, Pangdam mengajak untuk selalu menghormati semangat juang tanpa pamrih kepada Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai bersama pasukan Ciung Wanara. Jadikan acara ini sebagai penanda sekaligus momentum bagi generasi penerus bangsa untuk menjadikan nilai-nilai luhur perjuangan I Gusti Ngurah Rai sebagai suri tauladan, demi menjaga keutuhan dan tetap tegak kokohnya Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Khususnya bagi prajurit Kodam IX/Udayana untuk selalu menghormati semangat juang tanpa pamrih I Gusti Ngurah Rai. Tunjukkan sikap sopan santun dan tidak arogan. Prajurit Udayana sebagai pelindung dan pengayom rakyat harus berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan 8 Wajib TNI. Harus bersikap profesional dan santun serta menjadi solusi di tengah-tengah masyarakat dalam mengatasi setiap permasalahan", tegas Pangdam.


Mengakhiri sambutannya, Pangdam berharap Prajurit Udayana mampu melaksanakan tugas yang diemban dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab serta dapat dibanggakan. Tingkatkan profesionalisme, kewaspadaan serta utamakan faktor keamanan dalam setiap kegiatan. Selalu sertakan Tuhan Yang Maha Esa dalam setiap aktivitas agar senantiasa diberikan perlindungan dan keselamatan.


Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan juga Penyerahan Tali Asih oleh Pangdam IX/Udayana kepada Keluarga Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai. Turut hadir diantaranya Kasdam IX/Udayana, Irdam IX/Udayana, Kapoksahli Pangdam IX/Udayana, Danrem 161/WS, Danrem 162/WB, para Asisten Kasdam IX/Udayana, para Dan/Kabalakdam IX/Udayana, Kasi Intel Kasrem 163/WSA, Ketua Persit KCK PD IX/Udayana beserta pengurus, Anggota DPRD Kab. Badung, Ketua LVRI Bali, Camat Petang, serta undangan lainnya. (Pendam IX/Udy)

Posting Komentar

0 Komentar