Iklan

Nasional

Polres Gianyar Nonton Bareng Gelar Budaya Wayang Kulit Lakon "Wahyu Cakraningrat"

Admin
Jumat, 07 Juli 2023, Juli 07, 2023 WIB Last Updated 2024-05-24T21:59:24Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Gianyar-Nonton Bareng Gelar Budaya Pagelaran Wayang kulit dengan lakon "Wahyu Cakraningrat" secara Online pada hari jumat tanggal 7 Juli 2023 pkl 21. 00 wita bertempat di gedung Tri Brata Polres Gianyar dan Mapolsek Jajaran Polres Gianyar, 


Dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Gianyar atau yang mewakili, para pejabat Utama Polres Gianyar, tokoh masyarakat, tokoh/pecinta seni wayang, personil polres Gianyar yang terseprin, sementara di polsek jajaran Polres gianyar dihadiri oleh Kapolsek masing-masing, Pejabat Utama Polsek, dan personil Polsek yang seluruhnya berjumlah 297 personil,


Acara Nonton Bareng Gelar Budaya Pagelaran Wayang kulit dengan lakon "Wahyu Cakraningrat" secara Online melalui Link Youtube, merupakan rangkaian dari perayaan hari Bhayangkara ke 77 tanggal 1 Juli 2023, yang dibawakan oleh 4 orang dalang dari unsur TNI, Polri dan masyarakat, yakni  Ki Dr. H. Yanto SK., S.H., M.H, Ki Harso Widisantoso (Mayor Laut), Ki MPP Bayu Aji Pamungkas, dan Ki Sri Kuncoro (Brimob).


Cerita Wahyu Cakraningrat adalah bercerita tentang upaya tiga orang satria yaitu, Raden Lesmono Mandrakumara, Raden Sombo Putro dan Raden Abimayu yang berebut untuk mendapatkan kekuasaan. Ketiganya sama-sama berambisi besar menjadi Ratu/Raja, Untuk itu mereka harus bertarung dan mendapat gelar ”Wahyu Cakraningrat”. Namun mendapatkan Wahyu Cakraningrat tidaklah mudah karena sejumlah syarat harus dipenuhi agar Wahyu Cakraningrat bisa sejiwa dengan satria terpilih. Adapun syarat yang harus dipenuhi adalah: mampu handayani (membuat contoh yang baik) kepada rakyat, berpegang pada kejujuran, mampu memberikan keteladanan, mampu memberikan rasa tenteram kepada rakyat, mampu memberi rasa kasih sayang pada rakyat, mempunyai perilaku amanah, mampu merekatkan seluruh rakyat tanpa memandang latar belakang, agama, ras dan budaya, serta harus peduli terhadap lingkungan.


Adapun kegiatan Pagelaran wayang kulit juga salah satu bentuk menjaga dan memelihara budaya, juga sebagai hiburan bagi masyarakat dimana Wayang merupakan salah satu warisan budaya dari sekian banyak yang ada di Indonesia yang harus terus dilestarikan. Karena di dalamnya, banyak nasihat dan pesan-pesan positif yang disampaikan.  (*)

Komentar

Tampilkan

Terkini