Klungkung-Kepolisian Resor Klungkung menyampaikan hasil pelaksanaan Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 Tahap Pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPRD Provinsi, Dan DPRD Kabupaten/Kota kepada awak media, Sabtu ( 25/11/2023)


Penyampaian Informasi Pelaksanaan Akhir Operasi ini di Sampaikan secara langsung oleh Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta kepada Awak media yang bekerjasama dalam kegiatan  publikasi pemberitaan melalui media mainstream (elektronik maupun cetak). 


Dalam keteranganya, Kapolres Klungkung AKBP I Nengah Sadiarta  menyampaikan bahwa Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 masa tahap Pendaftaran Calon Presiden/Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota berlangsung selama 38 hari yang di mulai sejak 19 Oktober s/d 25 Nopember 2023 dengan 


Operasi Terpusat dengan Sandi Mantap Brata 2023-2024 ini bertujuan untuk mengamankan serangkaian kegiatan Pemilu Serentak 2024 yang jatuh pada bulan februari supaya dapat berjalan dengan aman, nyaman, sejuk dan damai. Ucap AKBP I Nengah Sadiarta. 


Berjalannya Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024 Polres Klungkung telah membentuk 4 Satgas yaitu Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Humas Dan Satgas Banops,dari masing masing satgas berperan penting dalam pelaksanaan operasi dari Menjaga Gudang Logistik KPU, Penjagaan dan Pengamanan Kantor Penyelenggara Pemilu Seperti Kantor KPU, Kantor Bawaslu dan Kantor DPRD serta melaksanakan kegiatan patroli secara rutin ke tempat tempat obyek penting Pemilu yang dilaksanakan oleh Satgas Preventif. 


Untuk Satgas Preemtif melalui subsatgas Binmas melaksanakan kegiatan cooling system dengan menyambangi berbagai tokoh baik adat, masyarakat, agama serta tokoh pemuda untuk mengajak ikut serta menjaga harkamtibmas di wilayah Kabupaten Klungkung ini supaya tetap kondusif. Paparnya 


Disamping itu untuk Satgas Humas Melaksanakan kegiatan peliputan rangkaian kegiatan pemilu serta pemberitaan melalui media sosial maupun media mainstream agar dapat menyampaikan informasi ke masyarakat untuk bersama sama jaga kamtibmas serta memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak memviralkan berita berita negatif  seperti ujaran kebencian, berita bohong dan isu sara yang dapat mengganggu harkamtibmas. Tuturnya 


Dan untuk Satgas Banops bertugas membantu kelencaran operasi karena di satgas banops terdapat subsatgas TIK di Bidang telekomunikasi dan jaringan,Subsatgas Dokkes melakukan pemeriksaan kesahatan personel dan Was internal di bawah Personel Propam melakukan pengawasan secara melekat terhadap personel yang tergabung Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024. 


AKBP I Nengah Sadiarta menambahkan bahwa upaya dan langkah yang telah di lakukan oleh jajaran Polres Klungkung yaitu melakukan komitmen bersama melalui  Deklarasi Damai terhadap stakeholder terkait dan Juga  Parpol peserta Pemilu di Kabupaten Klungkung dengan harapan dapat menjaga kondusifitas Pemilu 2024 aman dan lancar. 


Dalam serangkaian Pemilu 2024 Bahwa Polri berkomitmen untuk selalu bersikap Netral, tidak berpihak, dan tidak terlibat politik praktis. Polri dalam hal ini Polres Klungkung memiliki tugas yang sangat penting untuk menjamin Kamtibmas yang aman dan kondusif selama Pemilu 2024 berlangsung." Tegasnya 


Untuk masa tahap pendaftaran hari ini telah berakhir pelaksanaan operasinya, kemudian di lanjutkan dengan masa Tahap penetapan selama 2 hari yang dimulai dari tanggal 26 Nopember s/d 27 Nopember  dan dilanjutkan  Masa tahap kampenye yang akan berlangsung dari tanggal 28 Nopember s/d 31 Desember 2023. Imbuhnya (*)