PASURUAN - Guna mendengarkan keluh kesah para Karyawan Perusahaan terkait Situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Sitkamtibmas) di wilayah Kabupaten Pasuruan, Polres Pasuruan menggelar kegiatan Curhat Kamtibmas di PT. Barokah Mitra Karya Unggul (Mitra Sampoerna), Desa Beujeng, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan, Rabu (17/01/2024).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Pasuruan AKBP Bayu Pratama Gubunagi, S.H., S.I.K., M.Si. dan dihadiri oleh PJU Polres Pasuruan, Kapolsek Beji, Direktur PT. BMKU beserta HRD dan Kabag Operasional, dan 50 Karyawan PT. BMKU.


Kegiatan diawali dengan penayangan video SOP Safety Briefing dan dilanjutkan menyanyikan Lagu Indonesia Raya secara serentak oleh seluruh karyawan yang hadir.


Sambutan pertama diawali Direktur PT. BMKU Gunawan Wibisono, "Saat ini keberadaan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kabupaten Pasuruan sangat luar biasa yang dapat menggangu Operasional Perusahaan, oleh karena itu demi kenyamanan bersama maka kita tetap menjaga hubungan baik dengan mereka," ujarnya.


Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa selama ini ditempatnya masih kondusif tidak ada kejadian atau permasalahan yang khusus,  serta ucapan terimakasih kepada anggota Polri yang sudah menciptakan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif.


Berikutnya sambutan Kapolres Pasuruan, mengucapkan terimakasih kepada jajaran Pimpinan dan karyawan PT. Barokah Mitra Karya Unggul yang telah menerima kami dengan baik. "Tujuan kami hadir disini untuk menjalin silaturahmi dengan Pimpinan dan Karyawan agar situasi Kamtibmas tetap terjaga, sebagai anggota Polri, tugas dan tanggungjawab kami ada 3 yaitu memelihara Kamtibmas, menegakkan hukum, dan memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat," ucap Kapolres.


AKBP Bayu melanjutkan bahwa terkait persoalan Kamtibmas untuk saat ini relatif kondusif, namun ada kejadian yang menjadi atensi yaitu Curas, Curanmor dan Peredaran Narkoba. Terjadinya kejahatan dikarenakan adanya niat dan kesempatan, oleh karena itu peran serta dari seluruh elemen masyarakat sangat penting untuk membantu meminimalisir terjadinya tindak kejahatan. 


Dalam sesi tanya jawab, Hesi salah satu Karyawan menanyakan terkait SIM Keliling, "Untuk kedepanya terkait mobil SIM keliling, kami berharap agar dari pihak Kepolisian menyediakan untuk para Karyawan Perusahaan dengan cara mendatangi Perusahaan, agar karyawan dipermudah dalam membuat SIM maupun memperpanjang SIM di hari kerja," ungkapnya.

Kapolres menjawab, "Kami akan memberikan kesempatan kepada Karyawan Perusahaan untuk pelaksanaan pelayanan SIM keliling, dan untuk saat ini mobil SIM Keliling Polres Pasuruan masih dalam proses Instalasi dan Koneksi Jaringan dari Korlantas Polri, saya harapkan agar para Karyawan untuk bersabar terlebih dahulu," jawabnya. (*)