Papua-Dalam eksklusif Podcast Pemilugrafi yang diselenggarakan oleh Cenderawasih Pos, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Dr. Victor D. Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si selaku narasumber memberikan tanggapannya terkait persiapan Polri menghadapi Pemilu 2024 di Wilayah Kota Jayapura," Jumat (5/1).

Fokus utama pelaksanaan tugas pengamanan yang dilaksanakan oleh Polri mengacu pada Operasi Mantap Brata 2023-2024, dengan melibatkan Satgas Preventif, Preemtif, serta Satgas lain, dengan dukungan dari berbagai instansi, termasuk TNI.

Kapolresta menjelaskan pengamanan jelang hari pemilu, Polri terus melakukan upaya cooling system melalui kegiatan preemtif dan preventif kepada masyarakat.

Kemudian untuk memastikan pengamanan di wilayah perbatasan, Polresta Jayapura Kota secara aktif berkoordinasi dengan KPU dan Bawaslu untuk melakukan pemetaan dan pendataan untuk menjamin keamanan diwilayah tersebut.


Kapolresta menyampaikan perhatiannya terhadap kekhawatiran masyarakat. Pihaknya akan berupaya mengelola kekhawatiran tersebut agar masyarakat tetap merasa aman dan tidak terdorong untuk melakukan tindakan-tindakan sendiri yang merugikan selama masa Pemilu 2024 ini.

"Saya tekankan pentingnya sinergitas, baik dengan para Tokoh, Stakeholder maupun masyarakat. Sebanyak 500 personel telah dipersiapkan untuk menjaga keamanan selama Pemilu berlangsung," ucap Kapolresta.

Melalui program Polisi Kasih, Kapolresta menerima masukan dan ide-ide inovatif dari personelnya untuk menjalankan tugas Kepolisian, karena melalui masukkan tersebutlah dirinya dapat menjalankan tugasnya dengan maksimal dalam memimpin Polresta Jayapura Kota menghadapi Pemilu 2024.

"Berangkat dari pengalaman saya menjadi Kapolres Timika dan Kapolres Jayapura, saya akan menjadikan pengalaman tersebut untuk menjadi bekal dalam menghadapi pemilu kali ini," tambahnya.

Dalam closing statement, Kapolresta mengajak seluruh warga dan pimpinan di Kota Jayapura untuk bersama-sama menjaga Kamtibmas. Ia menegaskan bahwa tugasnya tidak dapat dilaksanakan secara maksimal tanpa bantuan aktif dari Personel Polri dan partisipasi seluruh masyarakat, khusunya yang ada di Kota Jayapura.(*)

Penulis : Sesa