Jelang Nyepi Caka 1946, Polsek Blahbatuh Amankan Melasti Di Pasisir Segara Masceti Medahan

 


Gianyar-Upacara Melasti adalah salah satu tradisi yang dilakukan untuk menyambut Hari Raya Suci Nyepi. Biasanya, upacara ini dilakukan oleh seluruh umat Hindu sebelum perayaan Nyepi..


Upacara Melasti juga disebut sebagai Mekiyis. Ritual ini dilaksanakan sebelum ibadah Tawur Kesanga dan Catur Bhrata Penyepian atau Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka. Pelaksanaan upacara ini dilaksanakan di pura yang berdekatan dengan sumber air kehidupan (tirta amerta), seperti laut, danau, atau sungai.


Sebagaimana kegiatan Melasti di Pantai Segara Masceti Desa Medahan, Rabu/6 Maret 2024 dimana masyarakat dari berbagai Desa Adat hadir dan memadati pantai sejak pagi.


Dalam mengamankan jalannya Upacara Melasti tersebut, Polsek Blahbatuh menerjunkan Patroli Presisi bergabung bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa guna menjamin Kondusifitas serta kelancaran kegiatan.


Seijin Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada,S.I.K., Kapolsek Blahbatuh Kompol I Made Tama, S.H.,M.H. mengatakan bahwa wilayah pantai saat ini menjadi atensi pengamanan karena banyaknya kegiatan upacara Melasti yang dilaksanakan oleh Masyarakat.


"Dari informasi dan jadwal yang disusun bahwa hari ada beberapa desa adat yang melaksanakan upacara Melasti di pantai Masceti, sejak pagi kami telah amankan kegiatan" ujarnya 


"Pengamanan dilaksanakan dari jalur masuk, parkir dan area Melasti untuk menjamin kelancaran dan keamanan kegiatan masyarakat" tandas Kapolsek Tama. (*)

Posting Komentar

0 Komentar