Kapolres Tabanan Pimpin Apel Kesiapan Pasukan Operasi Cipkon Agung 2024


Tabanan-Rabu ( 13/3/ 2024 ) pukul 08.00 s/d 08.30 wita, bertempat di Lapangan Apel Polres Tabanan telah berlangsung kegiatan Apel Kesiapan Pasukan Operasi Cipkon Agung 2024 Dalam Rangka Harkamtibmas Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah Tahun 2024, yang dipimpin oleh Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H., S.I.K., M.H.


Hadir dalam giat apel tersebut antara lain, PJU Polres Tabanan, Para Kapolsek Jajaran, Kabid Sat Pol PP Kab. Tabanan, Para Pejabat Operasi/Kasatgas/Kasubsatgas dan Personil yang tersprint Operasi Cipkon Agung 2024


Adapun susunan peserta Apel antara lain, 1 Pleton PJU Polres Tabanan, 1 Pleton Kapolsek Jajaran Polres Tabanan, 1 Pleton Perwira Polres Tabanan 7 Pleton Personil Personil yang tersprint Operasi Cipkon Agung 2024 dan 1 Pleton Sat Pol PP Kab. Tabanan.


Amanat Bapak Kapolda Bali yang di bacakan oleh Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes, S.H, S.I.K, M.H. antara lain, Pertama-tama, marilah terlebih dahulu kita panjatkan Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, Ida Sang Hyang Widhi Wasa atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita diberikan kekuatan dan kesempatan untuk mengikuti Apel Kesiapan Pasukan Operasi Cipkon Agung 2024 Dalam Rangka Harkamtibmas Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah Tahun 2024


Mengawali amanat ini, saya atas nama pribadi dan Pimpinan Polda Bali Mengucapkan Selamat Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 kepada seluruh personel Polda Bali dan seluruh masyarakat yang merayakan. Semoga melalui Catur Brata Penyepian yang kita laksanakan kemarin, dapat memberikan energi positif bagi kita semua untuk mendukung pelaksanaan depannya. 


Pada kesempatan yang baik ini saya juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada para Pejabat Utama, Para Kapolres/Ta dan seluruh Personel Jajaran Polda Bali. Serta Personel instansi terkait lainnya, atas kerja keras, dedikasi dan loyalitasnya dalam mengamankan berbagai kegiatan seperti tahapan pemilu serentak tahun 2024 yaitu pemungutan suara dan rekapitulasi suara dari tingkat kecamatan hingga provinsi, serta pawai ogoh-ogoh kemarin. Puji syukur seluruh rangkaian kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa adanya hambatan yang berarti, semoga kinerja positif ini dapat kita jaga dan semakin tingkatkan kedepannya untuk mewujudkan situasi kamtibmas di wilayah Bali tetap kondusif.


Kita ketahui sudah sekian lama masyarakat Bali hidup rukun dan harmonis dengan warga pendatang baik yang berasal dari jawa, nusa tenggara maupun berbagai wilayah lainnya di Indonesia, termasuk dengan para wisatawan asing yang datang ke Bali namun belakangan ini kita ketahui bersama terjadi beberapa kali permasalahan gangguan kamtibmas yang melibatkan warga pendatang.


Selama tahun 2024 ini, telah terjadi sekitar 8 (delapan) kejadian menonjol seperti perkelahian, pengeroyokan, pencurian dan gangguan kamtibmas lainnya yang dilakukan oleh warga pendatang di beberapa wilayah Bali. berkat kesigapan petugas dan kerja sama dengan masyarakat, para pelaku dapat segera kita amankan. Beberapa kejadian tersebut, tentunya harus mendapatkan perhatian serius dari kita bersama sehingga tidak semakin berkembang menjadi gangguan kamtibmas dan kriminalitas yang meresahkan masyarakat maupun para wisatawan yang datang ke Bali.


Oleh karena itu sesuai dengan salah satu kebijakan Bapak Kapolri dalam rangka pemantapan kinerja pemeliharaan kamtibmas, khususnya menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024, Polda Bali dan jajaran bersama instansi terkait melaksanakan Operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi operasi "Cipkon Agung-2024". 


Operasi Cipkon Agung-2024 akan dilaksanakan selama (enam belas) hari mulai dari tanggal 13-28 Maret 2024, dengan melibatkan sebanyak 535 personil yang terdiri dari satgas polda 200 personel dan polres jajaran 335 personel. Operasi kali ini akan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif yang didukung kegiatan penegakan hukum dan fungsi kepolisian lainnya, yang bersinergi dengan instansi terkait maupun komponen keamanan lainnya.


Beberapa jenis kegiatan yang akan dilaksanakan dalam operasi ini seperti kegiatan deteksi dini dan deteksi aksi terhadap segala potensi gangguan kamtibmas, penyuluhan dan pembinaan masyarakat, patroli dan razia/pemeriksaan terbatas pada tempat-tempat rawan gangguan, serta melaksanakan penegakan hukum terhadap para pelaku kriminalitas. melalui kegiatan ini, diharapkan kita mampu menurunkan kasus maupun kejadian gangguan kamtibmas yang melibatkan penduduk pendatang, serta terciptanya situasi kamtibmas yang aman dan kondusif Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriyah Tahun 2024.


Meskipun kita sudah sering melaksanakan kegiatan operasi seperti ini, kita tidak boleh under estimate dengan situasi saat ini, terlebih saat ini kita masih berada pada suasana pemilu yang masih menyisakan pro dan kontra di tengah masyarakat terkait dengan hasil pemilu yang akan diumumkan beberapa hari lagi. oleh karena itu sebelum mengakhiri amanat ini, ada beberapa penekanan yang ingin saya sampaikan di antaranya yaitu:


1. Jajaran Intelijen agar terus memetakan potensi gangguan dan meningkatkan kegiatan deteksi penggalangan dini untuk maupun mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.


2. Jajaran Dit Binmas agar meningkatkan kegiatan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya warga pendatang untuk mematuhi peraturan

yang berlaku dan bersama-sama menjaga keamanan wilayah masing-masing.


3. Jajaran Dit Lantas dan Biro Ops agar menyiapkan rencana rekayasa arus lalu lintas dan pengamanan untuk mengantisipasi kegiatan mudik lebaran masyarakat.


4. Awali setiap kegiatan dengan doa, laksanakan tugas dengan baik sesuai dengan target operasi dan SOP yang berlaku.


5. Kedepankan upaya edukasi secara humanis dan hindari sikap arogan maupun pelanggaran sekecil apapun selama pelaksanaan tugas di lapangan. Sedikit saja ada tindakan kita yang kurang pas, pastinya akan segera viral dan mendapat reaksi negatif dari masyarakat.


6. Apabila ditemukan adanya pelanggaran maupun dugaan tindak pidana, laksanakan penindakan secara tegas dan profesional terhadap para pelanggar hukum, berikan pemahaman terkait peraturan yang berlaku.


7. Jajaran kegiatan meningkatkan verifikasi amplifikasi kegiatan kepolisian yang kita laksanakan selama Operasi Cipkon Agung-2024.


8. Para senior atau padal kegiatan cipkon agar memberikan arahan kepada

anggotanya sebelum pelaksanaan tugas.


9. Jalin kerja sama dan koordinasi yang baik dengan setiap satgas maupun instansi terkait untuk mendukung kegiatan operasi ini.


10. Laporkan setiap perkembangan situasi dan hasil pelaksanaan tugas melalui posko operasi maupun secara berjenjang kepada pimpinan.


Pada kesempatan yang baik ini, saya atas nama pribadi dan pimpinan polda bali mengucapkan selamat menunaikan ibadah puasa kepada seluruh personel yang melaksanakan. Semoga keberkahan dan kebahagiaan bulan ramadhan senantiasa melindungi kita semua dan keluarga.


Demikian yang dapat saya sampaikan, selamat melaksanakan tugas, semoga tuhan yang maha kuasa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-nya kepada kita semua dalam melaksanakan tugas dan pengabdian terbaik, yang Masyarakat, Bangsa dan Negara.


Adapun penambahan dari Kapolres Tabanan pada intinya menyampaikan, kita ketahui kita melaksnakan operasi cipta kondisi samapai tanggal 28 Maret 2024, bahwa pelaksanaan operasi ini hampir berbarengan, setelah operasi keselamatan, Operasi Cipkon,  setelah itu kita akan melaksanakan operasi ketupat


Dua operasi ini untuk menyongsong  operasi ketupat, dalam operasi keselatan untuk menetapkan keselamatan bagi masyarakat untuk operasi cipkon untuk menekan kejahatan jalanan maupun kejahatan lainnya. Kita ketahui sudah sering melaksanakan operasi oleh karena itu apa yang menjadi kekurangan tahun kemarin kita perbaiki dengan operasi kali ini


Kita ketahui pesta demokrasi masih berlangsung, karena itu pahami serta jadikan ini sebuah pekerjaan kemanusian untuk membantu masyarakat. Sudah waktunya kita melihat gambaran besar setiap lapisan masyarakat isu global kita harus memiliki gambaran besar apa yang kita kerjakan dari lapisan di bawah Polsek, Polres dan Polda


Semoga kita betul betul melaksnakan Operasi Cipkon ini selama 16 hari ini bisa dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan maksimal. 


( Humas Polres Tabanan )

Posting Komentar

0 Komentar