Program "Mekendang " ( Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah ) Satpolairud Polres Tabanan di Pantai Yeh Gangga


Tabanan-Selasa  ( 5/3/ 2024 ) mulai pukul 06.00 wita, Personil Polairud Polres Tabanan dipimpin oleh Kasat Polairud Polairud Polres Tabanan AKP I Nyoman Artadana, S.H.,M.H.  melaksanakan Giat Program *"Mekendang (Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah)*  di Pantai Yeh Gangga Desa Sudimara Kec. / Kab. Tabanan.


*"Mekendang merupakan Istilah atau Kependekan ( Singkatan )  dari Kegiatan Masyarakat  khususnya Adat Bali dalam melaksanakan   Kegiatan Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah* serta diadopsi oleh Satuan Polairud Polres Tabanan dalam program atau bentuk pemberian pelayanan kepada masyarakat  guna  menciptakan harkamtibmas.


Program *Mekendang (Melasti, Mulang Pekelem dan Ngayah)*  yang saat ini dilaksanakan oleh Satuan Polairud Polres Tabanan adalah melaksanakan  Pengamanan kepada Warga Masyarakat  Desa Adat yang melaksanakan kegiatan *Melasti* yang merupakan serangkaian dari kegiatan menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946 yang jatuh  pada hari  Senin  tanggal 11  Maret 2024.


Dalam kesempatan tersebut, Kasat Polairud Polres Tabanan AKP I Nyoman Artadana, S.H.,M.H. dan Personil Satuan Polairud Polres Tabanan  bersinergi dengan Pecalang Desa Adat, selain melaksanakan Pengamanan, juga melaksanakan Dialogis dan memberikan himbauan  kepada Panitia dan warga masyarakat adat ( peserta) untuk berhati - hati serta memperhatikan keselamatan dan menjaga keamanan selama beraktivitas di pinggir pantai mengingat gelombang air laut dalam keadaan  tidak menentu (mulai pasang) akibat dari perubahan cuaca.


Pengamanan Kegiatan Masyarakat Adat yang melaksanakan Melasti oleh Satuan Polairud Polres Tabanan dimulai hari Senin tanggal 04 Maret 2024 bertempat di Pantai Soka Selamadeg dan  Pantai Tanah Lot Kediri Tabanan.


Dan  hari ini Selasa tanggal 05 Maret 2024 bertempat di Pantai Yeh Gangga Sudimara Tabanan,  masyarakat adat yang melaksanakan Melasti masing - masing sebagai berikut :


1. Pukul 06.00 - 09.30 wita

Masyarakat Desa Adat Kutuh Kerambitan Tabanan


2. Pukul 10.00 - 10.55 wita

Pengempon Pura Dadia Pasek Gelgel Sangkanbuana Samsam Kerambitan Tabanan.


Kegiatan *"Program Mekendang yaitu Pengamanan Melasti* oleh Personil Satuan Polairud Polres Tabanan mendapatkan apresiasi dan ucapan terima kasih dari  Panitia dan Warga Masyarakat  Desa Adat  yang melaksanakan kegiatan Melasti di Pantai Yeh Gangga Sudimara Tabanan.


( Humas Polres Tabanan )

Posting Komentar

0 Komentar