Latih Kesigapan Personilnya, Polsek Denbar Simulasikan Siaga Bencana Alam Gempa Bumi


Denpasar - Dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) tahun 2024, Kepolisian Sektor Denpasar Barat (Polsek Denbar) melaksanakan simulasi dan latihan kesigapan/tanggap bencana, pada hari Jumat tanggal 26 April 2024 tepat jam 10.00 Wita yang bertempat di Mapolsek Denbar jalan Gunung Tangkuban Perahu Lingkungan Padangsumbu Desa Padangsambian Kelod Kecamatan Denpasar Barat. 


Kegiatan diawali dengan Apel dan arahan Kapolsek Denbar kepada personel bahwa tanggal 26 April diperingati sebagai hari Kesiapsiagaan Bencana dan peranan semua pihak baik dari BPBD, TNI-Polri dan masyarakat sangat penting dalam penanganan bencana.


Selanjutnya Kanit Binmas AKP Wayan Budiartana, S. H., 

menyampaikan materi terkait sejumlah tahapan simulasi mulai dari kegiatan rutin melayani masyarakat di masing-masing ruangan hingga terjadinya gempa dan personil maupun masyarakat berusaha menyelamatkan diri masing-masing ketitik kumpul aman yang telah di siapkan.


Dirinya juga menegaskan pentingnya dalam Menyusun Rencana atau Prosedur Kedaruratan, Membentuk Tim Tanggap, Menyiapkan Sarana Prasarana Kedaruratan Serta Melaksanakan Simulasi/Latihan Dan Evaluasi untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya korban baik benda maupun jiwa.


Saat diwawancarai oleh awak media selesai simulasi Kapolsek Denbar Komisaris Polisi I Gusti Agung Made Ari Herawan, S. IK., mengatakan tujuan dilaksanakan simulasi tanggap darurat gempa bumi merupakan serangkaian tindakan yang dilakukan dengan segera dan cepat mengingat Gedung Polsek Denbar memiliki struktur bertingkat yang berpotensi terjadi runtuh akibat goncangan gempa yang sangat dasyat, sehingga perlu tindakan evakuasi dan penyelamatan.


“Kita akan latih terus dalam setiap kesempatan melalui sosialisasi kepada seluruh lapisan masyarakat

agar bermanfaat untuk selalu siaga terhadap setiap bencana alam, sehingga bila terjadi gempa maupun lainnya yang berdampak buruk bisa di minimalisir”, katanya


Setelah pelaksanaan Apel Konsolidasi dilanjutkan dengan pemeriksaan peralatan, kendaraan pendukung dan alat komunikasi, seluruh rangkaian kegiatan selesai dilaksanakan pada pukul 11.00 Wita berjalan dengan aman dan lancar. (*)

Posting Komentar

0 Komentar