Iklan

Nasional

Minggu Kasih Kapolres Tabanan Blusukan Menemui Korban Kejahatan

Redaksi
Jumat, 19 April 2024, April 19, 2024 WIB Last Updated 2024-04-20T04:33:52Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini


Bali-Sabtu ( 20/4/2024 ) pukul 09.00 wita s/d 11.00 wita Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes ,S.H.,S.I.K.,M.H didampingi Kapolsek Baturiti Kompol  I Komang Agus Sudarsana, S.E. melaksanakan kegiatan Minggu Kasih bertempat di Rumah I Gede Nuhriadi Banjar Dinas Abianluang, Desa Baturiti, Kecamatan Baturiti.


Turut hadir dalam kegaiatan tersebut antara lain, Wakapolres Tabanan Kompol I Gede Made Surya Atmaja, S. Sos. M.H, Kasat Intelkam Polres Tabanan Akp I Ketut Agus Wicaksana Julyawan, S.H.,M.H, Kasat Binmas Polres Tabanan Akp I Nengah Widia, SH., M.H, Kasat Samapta Polres Tabanan Akp I Wayan Suta Arcana, SH, Kasat Narkoba Polres Tabanan Akp Kadek Darmawan, Sos, Kasi Humas polres Tabanan Iptu I Gusti MD Berata, Kasi Propam Polres Tabanan Akp I Ketut Putraja, SH, Kapolsek Baturiti Kompol I Komang Agus Sudarsana,S.E. Kanit Reskrim Polsek Baturiti AKP I Rai Sunirta beserta Anggota, P. S Kanit Propam Polsek Baturiti AIPTU I Made Sutaya, Bhabinkamtibmas Desa Baturiti AIPDA I Wayan Sueca, Perbekel Desa Baturiti I Ketut Matra, Bendesa Adat Bangah I Made Wargina, Kawil Br. Abianluang, Tokoh masyarakat, Bankamda dan Pecalang Desa Baturiti, Warga dan Masyarakat dan Tokoh Pemuda dan Korban pencurian Br. Abianluang, Ds. Baturiti, Kec. Baturiti 


Minggu Kasih dibuka oleh Kasat Binmas Polres Tabanan yang pada intinya menyampaikan bahwa kehadiran hari ini adalah merupakan sebuah bentuk kedekatan polri dengan masyarakat dengan cara melaksanakan kegiatan Minggu Kasih.


Sambutan pertama dari Perbekel desa Baturiti, selaku pemerintah desa Baturiti mengucapkan selamat datang dan berterimakasih kepada Kapolres Tabanan dan sangat mengapresiasi karena sudah bisa hadir ditengah tengah kami untuk melaksanakan kegiatan Minggu Kasih untuk menerima masukan, keluhan dan kritik saran yang bersifat membangun dari para masyarakat. 


Acara dilanjutkan dengan sambutan dari Bendesa Adat Bangah yang pada intinya menyampaikan terimakasih kepada bapak Kapolres Tabanan karena sudah bisa hadir ditengah tengah masyarakat kami dalam rangka Minggu Kasih untuk menerima keluh kesah dari masyarakat , selanjutnya yang menjadi kekurangan kami sebagai pemimpin adat tentunya waktu yang tidak bisa kami gunakan untuk menjaga keamanan secara terus menerus , sehingga dengan adanya Kepolisian kami merasa sangat bersyukur karena telah bersama-sama menjaga wilayah adat kami , kemudian dengan adanya kasus pencurian mobil yang menimpa warga kami membuat kami resah dan tentunya kinerja Kepolisian sangat kami apresiasi yang telah berhasil menemukan mobil kami serta kami mohon pelaku yang belum ditemukan segera ditangkap dan diproses agar tidak melakukan kejahatan kembali.


Sambutan Kapolres Tabanan, pada intinya menyampaikan, bahwa  Kegiatan Minggu Kasih hari ini dilaksanakan Adalah program Kapolres Tabanan dalam rangka Polri mendekatkan diri kepada masyarakat,  artinya  kita langsung bertemu dengan masyarakat dan mendengarkan keluhan, dan hari ini bertemu dengan komunitas masyarakat Desa Baturiti, apalagi sekarang sudah ada Polisi Banjar, sehingga dengan kegiatan Minggu Kasih antara dua arah yaitu terjalinnya komunikasi yang baik antara Polri dengan masyarakat, dan diharapkan Kritik dan saran serta masukkan bagi Polri khususnya Polres Tabanan hal-hal yang bersifat positif dan bersifat membangun demi kebaikan kedepan Polri. Serta Mempererat silaturahmi dan sebagai salah satu  Implementasi  Polri Polres Tabanan hadir di tengah masyarakat serta menampung keluh kesah masyarakat.


Kapolres Tabanan Menghimbau dan mengajak kepada masyarakat yang hadir bagaimana tugas keamanan bukan hanya menjadi tanggung jawab Polri, dimana keamanan  menjadi tanggung jawab dari masyarakat artinya masyarakat diharapkan menjadi polisi untuk diri sendiri, serta mengingatkan masyarakat mengingat akhir-akhir ini sering terjadi curanmor, tolong perhatikan keamanan diwilayah masing-masing. Agar kita sama sama menjaga keamanan barang barang milik kita sendiri, dan juga dikarenakan masyarakat juga memiliki peran serta untuk menjadi polisi untuk diri sendiri, yang artinya mereka mampu berfikir, menganalisis untuk menjaga harta benda dan jiwa raganya, jika kita tidak bisa menjaga hal tersebut maka akan terjadi kejahatan. Disamping itu mari kita jalin kerjasama antara Kepolisian, Pihat Desa dan Bendesa Adat serta Masyarakat untuk menjaga keamanan dan kenyamanan Desa Baturiti. 


Kapolres Tabanan juga menyampaikan dengan adanya kasus pencurian mobil ini tentunya Kepolisian telah berusaha maksimal dengan langkah-langkah sesuai hukum sehingga barang bukti berupa mobil berhasil ditemukan , selanjutnya akan dilakukan pengembangan kasus untuk menangkap pelaku kejahatan pencurian dan jaringannya.


Saat sesi tanya jawab Prajuru Subak Abianluang I Nyoman Supada Arta menyampaikan Kami mewakili krama adat subak dimana masyarakat kami pada tahun 2007 juga sering mengalami pencurian berupa sapi yang telah terjadi beberapa kali dan masyarakat telah melapor kepihak Kepolisian dan telah ditangani , selanjutnya apabila dalam kasus tertangkap tangan oleh masyarakat terjadi peristiwa main hakim sendiri bagaimana cara menyikapi peristiwa main hakim sendiri dimasyarakat


Tanggapan dari Kapolres Tabanan mengucapkan terimakasih atas pertanyaan yang sangat membangun , bahwa kegiatan main hakim sendiri tidak dibenarkan dalam undang-undang , namun masyarakat berhak mengamankan atau menahan pelaku kejahatan bila memungkinkan saat peristiwa tertangkap tangan , yang dimaksud tertangkap tangan adalah sesaat setelah peristiwa tindak pidana terjadi.


Pukul 11.00 wita kegiatan minggu kasih selesai dan diakhiri dengan sesi foto bersama. 


( Humas Polres Tabanan )

Komentar

Tampilkan

Terkini