Klungkung - Dalam rangka pencegahan penyebaran penyakit mulut kuku (PMK) pada hewan ternak khususnya sapi, Bhabinkamtibmas Polsek Klungkung Polres Klungkung melakukan pengecekan ke kandang Ternak Sapi di wilayah Kecamatan Klungkung, Selasa (12/7/2022).


Dari pengecekan yang dilakukan personel Bhabinkamtibmas Polsek Klungkung di wilayah Desa Binaannya Aiptu I Wayan Eka Suastika, Aiptu I Wayan Antara dan Aiptu I Wayan Saba dikandang sapi milik warga desa binaanya didapati secara umum kondisi kesehatannya bebas dari penyakit mulut dan kaki.


Kegiatan ini kita lakukan, terkait dengan maraknya penyakit mulut dan kuku terhadap hewan khususnya ternak sapi yang terjadi dibeberapa wilayah lain, kita laksanakan pengecekan, pendataan terhadap peternak di wilayah binaan sekaligus mengingatkan agar mewaspadai penularan PMK, apabila ditemukan ciri-ciri klinis adanya hewan ternak yang terkena PMK segera melapor untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 


Salah satu cara untuk mencegah PMK adalah selalu rutin menjaga kebersihan kandang ternaknya, dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan.


Kasat Binmas Polres Klungkung Akp I Puru Wirawan menyampaikan terimakasih kepada seluruh Personel Bhabinkamtibmas jajaran yang telah aktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, tingkatkan patroli dialogis dengan warga binaan guna menjalin kemitraan, terkait dengan adanya wabah PMK.


Sampaikan kepada peternak diwilayah untuk melakukan langkah antisipasi dengan menjaga kebersihan kandang dan memeriksakan hewan ternaknya ke dokter hewan, edukasi peternak terkait ciri-ciri klinis hewan ternak yang terserang PMK, segera koordinasi dengan istansi terkait apabila ada hewan ternak yang terjangkit PMK sehingga dapat segera diambil langkah pencegahan penyebarannya, jelas Kasat Binmas Polres Klungkung Akp I Puru Wirawan ***