Polres Gianyar Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam


Gianyar - Kepolisian Resor Gianyar melaksanakan Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana Alam bersama Instansi terkait bertempat di Lapangan Apel Endra Dharmalaksana Polres Gianyar. Sabtu (8/7/2023). 


Apel kesiapan dipimpin langsung oleh Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada, S.I.K. dan diikuti oleh personel Polres Gianyar, BPBD Kabupaten Gianyar, PLN Kabupaten Gianyar, Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar serta PMI Kabupaten Gianyar. 


Kapolres Gianyar dalam arahannya menyampaikan apel kesiapan personil dan sarpras dalam rangka antisipasi dan penanggulangan bencana alam di wilayah Kabupaten Gianyar bertujuan untuk membangun sinergitas dan kesiapsiagaan dalam mengahadapi berbagai kemungkinan resiko terjadinya bencana alam.


Wilayah Kabupaten Gianyar yang terdiri dari 7 Kecamatan, 6 Kelurahan dan 64 Desa secara geografis merupakan dataran tinggi dan dataran rendah serta beberapa wilayah  secara geologis kondisi tanahnya relatif labil dan di beberapa wilayah lainnya yang ada rawan dan berpotensi terjadi bencana alam seperti tanah longsor, pohon tumbang, banjir, air laut pasang/rob, dan angin puting beliung serta kerawanan lainnya yang juga perlu kita antisipasi.


"Mengingat akhir-akhir ini curah hujan cukup tinggi, beberapa bencana telah terjadi, oleh karena itu kesiapsiagaan dari satgas bencana sangat diperlukan agar mampu melakukan tindakan untuk mengurangi dampak terjadinya bencana," Ujar Kapolres Gianyar. 


"Sesuai dengan data yang kami miliki, pada tanggal 7 Juli 2023 kemarin, telah terjadi 28 kejadian, hal seperti ini kemungkinan bisa terjadi lagi mengingat curah hujan masih cukup tinggi," Paparnya. 


Pihaknya juga mengajak seluruh steakholder yang terlibat untuk saling bahu membahu bersatu padu bersama masyarakat  dalam  mengatasi, menangani  dan menanggulangi kejadian bencana alam secara proporsional dan profesional.


Dalam kesempatan tersebut Kapolres Gianyar juga melaksanakan pengecekan sarana dan prasarana yang nantinya akan digunakan didalam penanggulangan bencana alam. (*)

Posting Komentar

0 Komentar