YOGJAKARTA - Masih dalam kegiatan sosialisasi peningkatan wawasan kebangsaan dan bela negara yang digelar oleh Bakesbangpol Kabupaten Pasuruan. Pemateri Veny Hidayat, M.Psi., Psikolog memberikan materi tentang Sinergitas membangun wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, pada Sabtu (25/11/23)


Diketahui, selain jadi pemateri, Ve sapaan akrabnya menguji seluruh peserta yang hadir untuk di tes psikolog. Ia juga memberikan tentang banyak ilmu, salah satunya tentang sudut pandang perspektif.


Salah satu contoh, dirinya memberikan perumpamaan menuangkan air ke dalam gelas. Air tersebut masuk hanya setengah. Maka hal tersebut bisa dikatakan gelas terisi air setengah dan juga gelas kosong setengah. Jadi tergantung sudut pandang kita melihat sebuah objek.


Kita berbeda tetap jadi satu rumah, yakni Indonesia. Adapun cara mencintai tanah air adalah tumbuhkan rasa "Bangga jadi orang Indonesia", pahami tantangan kehidupan kebangsaan Indonesia, mindset.


Hadapi hayati nikmati adalah kunci mengatasi masalah yang selalu ada dalam kehidupan.


Veny berharap untuk LSM, Media dan Pemerintah Daerah diharapkan menjadi Tim dan selalu berkoordinasi dan komunikasi untuk Kabupaten Pasuruan lebih baik lagi. Sukses itu kita dan hargai perbedaan nasionalisme antar pribadi.


"Mari bersama membangun Indonesia lebih baik dengan bersatu sebagai warga Kabupaten Pasuruan dan NKRI yang solid dan amanah," pungkasnya. (*)