Bali-Ibadah Perayaan Natal 2023, Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si.,didampingi  oleh Komandan Korem 163/Wira Satya Brigjen TNI Agus M. Latif dan Pejabat Utama Polda Bali mengunjungi sekaligus melaksanakan pengecekan gereja-gereja yang digunakan oleh umat Kristiani untuk menyelenggarakan ibadah Natal, Minggu (24/12/2023).


Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.I.K., M.Si., beserta rombongan berangkat dari Mapolda Bali Langsung menuju Gereja Maranatha selanjutnya menuju Gereja Katedral, dan terakhir rombongan akan mengecek dan meninjau Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius yang berlokasi di Jalan Kartika Plaza, Kuta.


Kapolda Bali bersama Danrem 163/Wira Satya turun langsung kelapangan  dalam mengecek situasi pelaksanaan  pengamanan gereja saat umat kristiani melaksanakan ibadah.

“Hari ini saya selaku Kapolda Bali turun langsung melihat pengamanan  yang dilaksanakan oleh personel Polda Bali bersama instansi terkait. 


Pengamanan di 3 Gereja yang dikunjungi  Kapolda Bali di Wilayah Denpasar dan Badung antara lain Gereja Maranatha, Gereja Katedral Dan Gereja Katolik Santo Fransiskus Xaverius.


Kapolda Bali mengatakan, pengamanan 3 gereja ini dapat atensi khusus dari  Polda Bali. Sebelum umat nasrasi melaksanakan ibadah di gereja ini, personel melakukan sterilisasi, bahkan dilakukan penyisiran, melibatkan tim unit Satwa Ditsabhara dan Unit Jibom Satbrimob Polda Bali.


Pelaksanaan sterilisasi dimulai dari Gereja Maranatha, Katedral, Katolik Santo Fransiskus Xaverius. Pasukan ini menyisir setiap sudut ruangan gereja menggunakan alat detektor dan anjing dari unit K9. Termasuk altar yang berada di dalam gereja ini juga diperiksa secara seksama. Tidak hanya itu, Polda Bali juga siapakan personel bersenjata laras panjang disiagakan. Gereja tersebut.


Dari hasil penyisiran, polisi tidak menemukan benda-benda yang mencurigakan seperti bahan peledak dan sejenisnya." Imbuhnya

Saya sampaikan bahwa kegiatan ibadah  Polri akan dibantu TNI dan oleh pihak keamanan dari Gereja sendiri. Termasuk sejumlah pecalang setempat yang ada di wilayah masing-masing.


"Ini kami lakukan untuk berupaya meniadakan gangguan sekecil apapun pada perayaan Natal 2023, sehingga dapat memberikan rasa aman  dan nyaman kepada masyarakat umat kristiani yang melaksanakan ibadah natal di setiap gereja,” tutup Kapolda Bali saat melaksanakan pengecekan gereja di Gereja Katedral Renon (*)