Rayakan Banyupinaruh Polsek Nusa Penida Laksanakan Pengamanan



Polda Bali - Polres Klungkung - Polsek Nusa Penida - Tradisi Banyupinaruh, merupakan upacara yadnya yang dilakukan sehari setelah hari raya Saraswati.Sedangkan Hari Raya Saraswati sendiri adalah hari turunnya Ilmu Pengetahuan. Umat Hindu Dharma di Bali merayakannya setiap 210 hari sekali pada Sabtu (Saniscara), Umanis (Legi), Watugunung dengan melakukan pemujaan pada Dewi Saraswati sebagai Dewi Ilmu Pengetahuan dan Seni. 


Hari Banyu Pinaruh, bertujuan mensucikan diri di pagi buta. Karena itu banyak masyarakat melaksanakan Banyu Pinaruh di pantai pantai dan sungai yang ada di Bali.


Polsek Nusa Penida hadir memberikan pelayanan dengan pengamanan dan pengaturan lalu lintas di beberap lokasi pantai yang ada di Nusa Penida (21/5/2023)


Salah satunya di Pantai Telaga, desa Kutampi Kaler, Nusa Penida, Klungkung.Personel Polsek sudah dari pagi melaksanakan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan Kamtibmas.


Selain Pantai Telaga, juga dilaksanakan monitoring dan pengamanan di pantai Segara, Jungutbatu, serta Tanjung Sanghyang, Lembongan.



Kapolsek Nusa Penida Kompol Ida Bagus Putra Suyasa, S.Sos mengatakan kegiatan pengamanan ini sudah merupakan sebagai kegiatan rutin.Personel kita tingkatkan dalam pengamanan karena bertepatan dengan hari Banyupinaruh,karena banyaknya masyarakat yang melakukan prosesi penglukatan di pantai pantai yang ada di Nusa Penida.


"Semoga dengan kehadiran kami di tengah tengah masyarakat memberikan pelayanan pengamanan kepada masyarakat dapat tetap terjaga situasi Kamtibmas" Tambahnya.  ***

Posting Komentar

0 Komentar